Kenari Gloster, Burung Jambul yang Hargannya Jutaan Rupiah!

Kenari Gloster, Burung Jambul yang Hargannya Jutaan Rupiah!

Kenari Gloster atau dikenal juga dengan kenari jambul, adalah salah satu spesies kenari hias yang banyak digemari oleh masyakarat Indonesia.

Kenari ini begitu familiar karena jambulnya yang begitu menarik perhatian.

Tetapi bagi pecinta kenari, burung kenari Gloster tidak melulu soal jambul, karena burung ini sebenarnya memiliki saudara kembar atau dua tipe.

Tipe pertama adalah tipe Plan Head yang tidak memiliki rambut atau juga disebut dengan gloster consort.

Tipe kedua adalah tipe kenari gloster berambut yang kita semuannya tau, untuk informasi lebih jelasnya kamu bisa simak pada penjelasan artikel kenari Gloster berikut ini.


Hasil Perkawianan Silang

Burung Kenari Gloster merupakan hasil dari perkawinan silang burung kenari, apabila kamu tidak mengetahui apa itu perkawinan silang kamu bisa baca artikel mengenai Daftar Perkawinan SIlang Burung Kenari

Yang dimana pada artikel diatas dijelaskan apa itu perkawinan silang dan kenapa ada spesies spesies baru burung merpati yang terus bermunculan.

Termasuk dengan Kenari Gloster ini, kenari glaster merupakan burung kenari hasil dari perkawinan silang antara :

  1. Burung Kenari Gloster Plainheads (consort) dengan burung kenari Gloster Plainhead (consort) dan menghasilkan anak Gloster Consort 100%.
  2. Gloster Jambul (corona) dengan kenari plainhead (consort) dan menghasilkan anakan 50% Gloster Consort dan 50% Gloster Corona (ini yang paling bagus diantara jenis kenari gloster)
  3. Gloster Jambul (corona) dengan kenari Gloster Jambul (corona) dan menghasilkan anakan 25% Gloster Consort, 50% Gloster Corona atau juga bisa menghasilakan anakan yang cacat atau mati.

Jadi untuk melakukan perkawinan silang itu sendiri tidak sembarangan, butuh data yang jelas butuh penilitan yang jelas sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Tabel Perkawinan Silang antara burung kenari.


Ciri Ciri Fisik Burung Kenari Gloster

Standar fisik burung kenari gloster baik tipe corona atau consort yang bisa kita lihat secara jelas adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kepala yang bulat dengan leher menyatu ke badan.
  2. Pada burung kenari gloster tipe corona terdapat jambul dikepalannya.
  3. Bagian sayapnya lebar menutupi punggung.
  4. Pada bagian ekor terlihat lurus
  5. Memiliki mata yang tajam dan tampak seperti alies
  6. Memiliki warna yang natural, seperti hijau, kuning atau cinnamon.
  7. Bulu lebat diseluruh tubuhnya
  8. Memiliki paruh yang sedang dan tidak panjang.
  9. Tinggi rata rata kenari gloster hanya sekitar 11-12 cm
  10. Dan memiliki kaki yang sedang atau tidak panjang.

Ciri fisik kenari gloster ini bisa kita lihat dengan jelas, dan bahkan apabila kita melihat sekilas saja bentuk tubuh dari burung kenari gloster ini kita sudah bisa mengetahui dari jenis dari burung kenari yang satu ini.

Baca Juga : Postur Serem! Ini dia Penampakan Burung Kenari Giboso


Catatan :

Oiya bukan berarti burung kenari yang memiliki jambul itu berarti burung kenari gloster ya, karena burung kenari jambul memilki banyak spesies termasuk juga dengan burung kenari crested yang hampir mirip dengan burung kenari gloster ini.


Perawatan Burung Kenari Gloster

Cara merawat burung kenari gloster ini cukup mudah dan tidak rumit, karena merawat burung kenari memang tidak sesulit burung burung yang lainnya.

Yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah tempat tinggal dan makanan yang diberikan kepada burung kenari gloster ini, karena berbeda dengan burung kenari yang lainnya, burung kenari gloster ini lebih mudah terkena penyakit dibanding dengan kenari yang lainnya.

Maka cara perawatan yang terbaik untuk burung kenari gloster ini adalah :

1. Memberikan Makanan Yang Baik & Sehat

Sama halnya dengan burung kenari pada umumnya, burung kenari gloster ini juga menyukai biji bijian, seperti biji kenari, rape seed dll.

Atau selain biji kamu juga bisa memberikannya makanan tambahan seperti sayuran, buah buahan, kroto, atau bahkan telur puyuh.

Dan jangan lupa untuk air minum burung kenari gloster ini harus selalu tersedia, karena burung kenari ini tidak boleh kekurangan air, apabila burung ini kekurangan air maka dapat membuat burung tersebut sakit dan mati.

Air minum yang bagus untuk burung kenari bukan aia PAM! melainkan adalah air mineral, baik dari sumur ataupun yang lainnya!

2. Memberikan Tempat Tinggal yang Nyaman

Burung kenari gloster menyukai tempat yang cukup luas, dan setidaknnya memiliki 2 tankringan untuk ia bermain.

Dan untuk sangkar burung kenari gloster ini juga sebaiknya berbentuk kotak bukan berbentuk bulat.

Apabila burung kenari gloster ini sendiri kamu bisa memasukannya ke kandang berukuran 40 x 20 x 25cm, tetapi apabila burung kenari glostermu sedang mengasuk anak kamu bisa memasukannya kekandang yang berukuran 100 x 45 x 50cm.

3. Jadwal Memandikan Burung Kenari Gloster

Kenari Gloster ini merupakan tipe kenari yang suka mandi, tetapi kamu tidak bisa memandikannya setiap hari.

Untuk jadwal memandikan burung kenari gloster ini cukup 2 x 3 sehari saja.

4. Waktu Penjemuran Tidak Terlalu Lama

Hal ini yang kadang banyak orang yang salah sehingga menyebabkan burung kenari ini kepanasan dan sakit sakitan.

Waktu penjemuran burung kenari gloster ini cukup 30-45 menit saja, tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar, setelah itu pindahkan ketempat yang sejuk dan bersih.

5. Jangan Terlalu Sering di Sentuh dengan Tangan!

Burung kenari gloster adalah burung kenari yang tidak suka disentuh dengan tangan secara langsung!

Kecuali memang dalam keadaan darurat seperti burung terlihat sakit atau yang lain lain. Hal ini akan menjagannya dari stress yang dapat membuatnya sakit.

Baca Juga : Kenari Kalitan! Primadonannya Pecinta Kenari Kelas Menengah!


Harga Burung Kenari Gloster Terbaru 2022

Burung kenari gloster merupakan salah satu burung hias termahal, harga perekornya bisa mencapai ratusan ribu, berikut daftar lengkapnya :

JenisHarga
Gloster DewasaRp350.000,00
Gloster AnakanRp150.000,00
Gloster Nbo20Rp1.850.000,00
Kenari Gloster F1Rp900.000,00
Kenari Gloster Corona ImportRp1.600.000,00
Kenari Gloster ConsortRp1.850.000,00
Gloster Nb19Rp1.850.000,00
Kenari Gloster F1 JantanRp900.000,00

Itulah beberapa harga kenari gloster yang bisa kami tampilkan berdasarkan olx.com apabila ada perbedaan harga pada bisa langsung hubungi tim kami, agar nantinnya bisa segera di perbaiki.

Demikian artikel mengenai burung kenari gloster, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.