Review Kenari Rasmi yang Jadi Buruan di Indonesia

Review Kenari Rasmi yang Jadi Buruan di Indonesia

Kenari si ekor panjang adalah sebutan bagi burung kenari rasmi yang baru baru ini mulai banyak kita temui di Indonesia.

Burung kenari rasmi ini merupakan burung import dari persia atau lebih tepatnya di iran yang di Indonesia keberadaannya tidak terlalu banyak, dan hanya orang orang tertentu saja yang bisa memiliki burung kenari rasmi ini atau burung rasmi.

Burung Rasmi atau Kenari Rasmi ini termasuk salah satu burung kenari limited edtion atau terbatas, kenapa ? simak penjelasannya berikut ini.


Ciri Ciri Burung Kenari Rasmi

Burung kenari rasmi merupakan burung kenari terpanjang di dunia, bahkan dibandingkan dengan spesies apapun.

Apabila di bandingkan dengan kenari giboso yang dimana kenari giboso ini juga dikenal dengan kenari yang panjang, burung kenari rasmi ini masih lebih panjang dibanding giboso, karena panjang burung kenari rasmi sendiri antara 25-30cm.

Dilihat dari bentuk fisiknya burung kenari rasmi ini hampir sama dengan burung kenari F1, hanya saja burung kenair rasmi ini memiliki ekor yang panjang yang tidak dimiliki oleh burung kenari jenis manapun.

Baca Juga : Hampir Punah! Ini Dia Penampakan Burung Kenari Kadal (Lizard)


Cara Merawat Burung Kenari Rasmi

Sama halnya dengan jenis burung kenari yang lainnya, untuk merawat burung kenari rasmi ini juga tidak terlalu sulit,diantarannya.

1. Memberikan Makanan yang Baik & Sehat

Sama halnya dengan jenis kenari yang lainnya, burung kenari rasmi ini pada dasarnya juga pemakan biji bijian, apapun biji bijiannya.

Untuk menunjang kesehatan dan suarannya kamu juga bisa memberikannya sayur sayuran, seperti brokoli, wortel ataupun yang lainnya.

Buah buahan juga cocok untuk diberikan kepada burung kenari rasmi ini.

2. Memberikan Tempat TInggal yang Nyaman

Karena burung kenari rasmi ini memiliki ekor yang panjang, maka kandang atau tempat tinggal burung kenari ini juga tidak boleh seadannya, alhasil burung kenari ini bisa stress, sakit dan kemudian mati.

Maka kamu wajib memberikan kandang yang besar, yang tinggi agar burung kenari rasmi ini bisa bergerak dengan bebas dan tidak mengalami stress.

3. Rutin di Mandikan

Burung Kenari Jenis Rasmi ini juga salah satu burung kenari yang suka sekali dengan air, tetapi kamu tidak bisa memandikannya terlalu sering.

Cukup 2-3 sehari untuk dapat memandikannya.

Baca Juga : Kenari Kalitan! Primadonannya Pecinta Kenari Kelas Menengah!


Fakta Menarik Burung Kenari Rasmi

Selain memiliki postur tubuh yang panjang, dan suara yang indah burung kenari rasmi ini juga memiliki fakta menarik yang lainnya, ini penjelasannya.

1. Burung Lanka

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, burung kenari rasmi merupakan burung limited edition yang dimana hanya orang orang tertentu saja yang dapat memilikinnya.

Kenapa ? karena burung ini merupakan burung import dari iran atau negara negara persia lainnya.

Proses Pengimport’an burung kenari rasmi ini berbeda dengan burung kenari pada biasanya, ambil contoh burung kenari gloster, yang dimana burung kenari gloster ini juga import tetapi untuk mengimport burung kenari gloster tidak sesulit burung kenari rasmi.

Karena burung rasmi tidak sembarangan bisa masuk ke Indonesia, harus melalui beberapa tahap, dan tidak bisa terus terusan dikirimkan dari persia ke Indonesia, bahkan untuk proses pengimportan kenari rasmi ini dilakukan diam diam, dan hanya orang orang tertentu saja yang mengetahuinnya.

Maka wajar harga burung kenari rasmi ini, cukup tinggi atau bahkan sangat tinggi di Indonesia.

2. Kenari Terpanjang di Dunia

Kenari Rasmi memiliki panjang sekitar 25-30cm bahkan bisa lebih, dan hal ini yang menjadikan burung ini memiliki postur tubuh terpanjang diantara spesies kenari yang lainnya.

Meskipun sangat panjang, burung kenari rasmi ini tetap terlihat indah dan elegan, berbeda dengan burung kenari giboso, yang juga panjang tetapi memiliki postur tubuh yang menyeramkan/,

3. Burung Kenari Termahal

Kenari Rasmi masuk kedalam salah satu burung kenari termahal diantara spesies kenari yang lainnya.

Bayangkan saja, untuk bisa memiliki 1 ekor burung kenari rasmi ini, kamu perlu merogoh kocek dari mulai 6juta sampai 15juta rupiah untuk 1 ekornnya.

Dan harga tersebut masih terus naik sampai dengan saat ini.

4. Burung yang Pendiam

Burung kenari rasmi merupakan burung kenari yang pendiam, maksudnnya ketika burung kenari rasmi ini sedang berkicau maka ia cenderung akan membatasi gerakannya atau lebih banyak diam sambil berkicau.

Berbeda dengan burung kenari pada umumnya, karena ketika berkicau malah banyak bergerak dan melompat lompat.

Hal ini sangat cocok ketika kenari rasmi ini diikut lombakan dalam pertandingan kenari, dimana salah satu faktor penilaian dari burung kenari kicau adalah faktor pendiam ketika sedang berkicau.

5. Menjadi Persilangan Unggulan

Buat kamu yang ngga tau persilangan burung kenari, kamu bisa baca terlebih dahulu mengenai artikel persilangan burung kenari berikut ini.

Untuk melakukan perkawinan silang antara spesies a dan spesies b dibutuhkan indukan yang premium, atau yang bagus tujuannya agar anak yang dihasilkan juga nantinnya bisa bagus.

Dan kenari rasmi ini adalah salah satu indukan yang sangat bagus, bahkan banyak petani kenari di Indonesia memburu burung kenari rasmi ini bukan untuk dijual kembali, melainkan untuk dikembang biakan dikawinkan dengan jenis burung kenari yang lainnya.

Dan itulah sedikit informasi mengenai burung kenari rasmi yang bisa kami sajikan.

Dengarkan Juga : Download Suara Burung Kenari Terbaru 2022

Apabila kamu mendapati informasi burung kenari rasmi yang lebih detail atau info terbaru bisa langsung menghubungi admin dari bosburung.com, agar nantinnya informasi yang kamu berikan bisa dimuat dan menjadi artikel yang bermanfaat buat para kicau mania ataupun kenari mania, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.