2 Pertanda Burung Walet Masuk Rumah Menurut Islam

2 Pertanda Burung Walet Masuk Rumah Menurut Islam

Walet merupakan salah satu jenis burung yang bermigrasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Jadi, rumah burung Walet berada di alam bebas, tidak menetap hanya di satu tempat.

Seringkali, Walet memutuskan untuk mengunjungi rumah manusia untuk membuat sarang, mencari kehangatan atau sebagai cara untuk bertahan hidup dari cuaca buruk.

Tetapi, ada pula sarang burung Walet yang sengaja dibuat di rumahan sebagai tempat budidaya oleh pemiliknya

Rumah Sarang Burung Walet

Sebagai spesies burung yang cukup menguntungkan, Walet membutuhkan rumah sarang sebagai tempat yang nyaman untuk berlindung dari serangan binatang lain dan cuaca buruk.

Lalu, bagaimana cara membuat rumah sarang burung Walet? berikut ini ulasannya.

1. Bentuk Bangunan Sarang Burung Walet

Sebelum membuat sarang burung Walet maka tentukan terlebih dahulu ukurannya sesuai dengan yang dibutuhkan. Biasanya, bangunan tersebut dibuat dengan ruang kosong yang tinggi dan luas.

Disarankan membuat ruangan dengan 4 tingkat gedung yang setara dengan tinggi 100 meter sehingga akan membuat Walet untuk terbang kesana kemari, meski hanya di dalam ruangan gedung saja.

2. Sarang Walet Harus di Tempat Sepi

Sebaiknya, saat menentukan pembuatan sarang Walet harus memilih lokasi yang sepi karena hal tersebut akan menambahkan kenyamanan baginya.

3. Suhu dan Kelembaban Sarang Walet

Suhu untuk membudidayakan Walet sebaiknya berada di antara 27-30 derajat, suhunya tidak terlalu dingin tetapi agak panas.

Sedangkan tingkat kelembaban sarang Walet cukup tinggi yaitu 80% sampai dengan 95%.

4. Cat Sarang Burung Walet

Disarankan untuk membuat sarang Walet bagian luarnya dengan warna hitam agar dapat menyerap panas. Tetapi, untuk cat bagian dalam jangan menggunakan warna hitam karena warna tersebut justru akan membuat ruangan menjadi sangat panas.

5. Sarang Walet 1 Jalur Pintu

Buatlah sarang walet dengan jalur satu pintu masuk dan keluar agar lebih memudahkan mereka untuk menghafal lokasi pintunya. Saat, burung keluar maka dapat masuk kembali ke sarang dengan mudah.

6. Sarang Walet dengan Bahan Bangunan Terjangkau

Membuat rumah burung Walet tidak harus mahal, penggunaan kayu ulin, seng, dan alumunium foil juga sudah efektif untuk memberikan kenyemanan pada burung tersebut untuk melindunginya dari panas.

Agar ruangan tidak panas, gunakan bahan alam untuk meredam ruangan seperti penggunaan daun, kardus, dan lainnya.


BACAJUGA:


Burung Walet Masuk Rumah Pertanda Apa?

Walet terkadang keluar dari sarangnya kemudian mengunjungi rumah, hal ini banyak di artikan oleh banyak orang sebagai suatu pertanda, lalu apa sebenarnnya arti burung walet masuk rumah ?

1. Mendatangkan Rezeki Tak Terduga dan Berlimpah

Pertanda baik dari Walet yang datang ke rumah yaitu akan mendatangkan rezeki yang tak terduga dan berlimpah.

Jadi, saat ada burung yang masuk ke rumah sebaiknya memberikannya pakan. Jika, burung tersebut sudah merasa tidak nyaman maka akan kembali ke sarangnya lagi.

2. Akan Ada Kabar Bahagia

Tidak hanya akan memberikan rezeki, Walet yang masuk ke rumah juga menandakan akan adanya kabar bahagia untuk penghuni rumah.

Ketika, burung masuk rumah sebaiknya tidak berprasangka buruk atau bahkan melakukan hal yang kurang pantas seperti mengusir burung dan membunuhnya.

Pertanda Burung Masuk Rumah Pagi Hari

Menjumpai adanya Walet yang masuk rumah pagi hari maka memberikan pertanda bahwa di hari ini segala aktivitas yang akan dilakukan oleh penghuni rumah akan berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : 5 Ciri Perkutut Berkhodam & Bertuah yang Perlu anda Ketahui

Pertanda Burung Masuk Rumah Malam Hari

Sedangkan, pertanda burung Walet masuk ke rumah saat malam hari yaitu menandakan akan datangnya tamu istimewa seperti saudara atau kerabat lama yang akan datang ke rumah keesokan harinya yang memberikan kabar gembira, entah berupa rezeki yang melimpah atau hal bahagia lainnya.

Burung Walet Masuk Rumah Menurut Islam

Walet liar terkadang memang suka masuk ke rumah karena bentuk rumah yang menarik dan nyaman untuk menjadi huniannya.

Menurut islam burung Walet yang berkunjung ke rumah tidak menunjukkan pertanda apapun.

Tetapi, jika mempercayai Walet yang masuk ke rumah akan mendatangkan berbagai hal baik maka akan menjadi doa baik yang dapat menjadi kenyataan.

Sebaiknya, tidak berprasangka buruk saat ada burung yang masuk ke rumah karena hal tersebut juga dapat menjadi doa yang buruk.

Baca Juga : Download Suara Burung Kecil Campuran Untuk Pikat mp3 (2022)


Jenis Burung Walet yang Masuk Rumah

Kenali beberapa jenis Walet yang sering masuk ke rumah-rumah orang, berikut penjelasannya.

1. Burung Walet Putih

Jenis burung Walet yang sering masuk ke rumah yaitu Walet Putih. Tidak sesuai dengan namanya, burung tersebut mempunyai bulu berwarna cokelat agak kehitaman. Tetapi, sarang burungnya berwarna putih.

Burung tersebut dikenal mempunyai suara yang lebih nyaring dari jenis yang lainnya. Kelebihannya, Walet Putih mempunyai sayap yang sangat kuat sehingga dapat terbang lebih lama.

2. Burung Walet Gunung

Berikutnya, Walet Gunung juga sering dijumpai masuk ke rumah-rumah orang. Burung ini mempunyai cakupan terbang yang sangat luas.

Sekelompok Walet Gunung biasanya terbang ke daerah tebing dan gunung. Secara fisiknya, walet ini mempunyai ekor berwarna abu abu kehitaman dan sedikit bulu. Tubuhnya sangat tinggi yaitu sekitar 14 cm.

3. Burung Walet Sarang Hitam

Burung Walet Sarang Hitam mempunyai ciri fisik dari warna bulu coklat kehitaman, panjang tubuh burung 13 cm, dan warna mata cokelat tua.

Burung tersebut memang terkadang masuk ke rumah, tetapi habitat aslinya sebenarnya berada di goa-goa. Biasanya, mereka menyukai rumah dengan nuansa yang agak gelap atau kurang sinar matahari.

Hikmah Burung Masuk Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung masuk rumah memberikan pertanda yang baik untuk penghuninya.

Apabila banyak Primbon yang mengartikan pertanda buruk akan datang maka sebaiknya percayakan untuk selalu berpikir positif saja agar kehidupan selalu lebih baik kedepannya.

Hikmah dari adanya burung yang masuk rumah dapat membuat penghuni rumah untuk menutup jendela dan pintu rumah saat malam hari karena biasanya Walet akan masuk rumah ketika malam.

Biasanya, Walet masuk ke rumah membawa banyak pakan yang sudah diperoleh saat bermigrasi sehingga burung tersebut akan mengotori rumah. Hikmahnya, penghuni rumah akan membersihkan rumah.

Pertanda baik maupun buruk saat burung masuk rumah merupakan hal yang sudah dipercaya dalam kehidupan bermasyarakat.

Tetapi, sebenarnya rumah burung Walet identik dengan ruangan yang suhu yang hangat, ruangan luas, dan kurang cahaya. Oleh karena itu, tak heran saat Walet senang mengunjungi rumah dengan kondisi seperti itu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.