5 Cara Bikin Merpati ngga Gampang Sakit!

5 Cara Bikin Merpati ngga Gampang Sakit!

Merpati merupakan makhluk hidup yang sama dengan makhluk hidup lainnya, ada kalannya ia sehat, ada kalannya iapun sakit.

Maka wajar apabila seekor burung merpati tiba tiba murung, dan lebih banyak mendekam di sarangnya, hal ini bisa menjadi tanda kalau burung tersebut sedang merasa kelelahan atau sakit.

Terlebih jika burung merpati yang kita miliki ini ternyata sudah memiliki umur yang cukup tua, atau sering digunakan dalam perlombaan, maka wajar bila merpati menjadi lesu dan kurang bertenaga.

Inilah penjelasannya…

Penyebab Burung Merpati Cepat Lelah

Inilah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu burung merpati cepat lelah atau sakit.

1. Faktor Usia

Usia burung merpati biasannya hanya sekitar 2-4 tahun saja, setelah itu burung tersebut akan merasa cepat lelah dan bahkan sakit sakitan.

Apabila burung merpati yang kamu miliki ternyata diantara penyebab cepat lelahnya adalah karena faktor usia, maka yang bisa kamu lakukan hanyalah merawatnya dan memberinya suplemen sampai ia mati.

Burung merpati yang sudah berumur lebih dari 3-4 tahun sudah tidak direkomendasikan diikutkan dalam ajang perlombaan merpati, hal ini hanya akan membuatnya mudah sakit dan cepat mati.

2. Perawatan yang asal-asalan

Merpati sama halnya dengan makhluk hidup yang lainnya, butuh dirawat dengan baik bukan asal asalan,

Hal ini sering terjadi bagi anda yang baru memelihara burung merpati, alhasil burung yang anda pelihara malah hanya bisa sakit sakitan dan mati.

Untuk memelihara merpati apalagi merpati yang dilombakan tidak hanya diberi makan dan minum saja, melainkan perlu diberi vitamin dan dimandikan secara rutin agar ia merasa sehat dan segar serta tidak mudah lelah.

3. Pakan yang kurang baik

Memberik makan merpati tidak hanya asal memberi makan, perlu dipilihkan makanan yang kaya protein dan vitamin tinggi.

Seperti, beras merah, jagung, dan biji bijian, atau kamu juga bisa memberi makanan berdasarkan proteinnya hal ini bisa kamu baca dengan detail pada artikel tips memilihkan makanan yang baik untuk merpati berikut ini.

4. Tidak ada Suplemen Tambahan

Suplemen tambahan penting bagi hewan, terlebih burung merpati.

Suplemen tambahan ini berguna untuk menambah stamina dan tenaga burung merpati, tidak hanya dengan makanan dan minuman yang baik, melainkan penambahan suplemen ini juga penting bagi burung merpati.

5. Porsi Latihan yang tidak di Perhatikan

Menjelang perlombaan biasannya burung merpati sering sekali diajak berlatih, agar nantinnya ketika di perlombaan burung merpati tersebut sudah terbiasa dan tidak mudah untuk cape.

Tapi…

Hal ini bisa malah sebaliknya, merpati yang digunakan latihan terus menerus tanpa memperhatikan kesehatannya, hanya akan membuat merpati anda mudah lelah dan sakit-sakitan.

Hal ini terjadi karena merpati butuh yang namannya istirahat, butuh yang namannya vitamin dll.

Sama halnya dengan manusia, apabila manusia tubuhnya digunakan kerja terus menerus hanya akan membuat tubuhnya cepat letih, sakit, dan tumbang dengan sendirinya.

5 Hal ini biasannya yang menjadikan merpati mudah merasakan letih, sakit dan kemudian tumbang dengan sendirinnya.

Apabila kamu ingin merpatimu tetap sehat, bertenaga maka perhatikanlah 5 hal tersebut, jangan kerena kamu ingin burung merpatimu juara kamu mengabaikan hak hak yang harusnnya merpatimu dapatkan.

Baca Juga : 5 Klasifikasi Burung Merpati Paling Banyak di Indonesia!


Cara Memulihkan Stamina Merpati

Cara memulihkan stamina merpati ini bisa kamu coba agar merpati yang kamu miliki menjadi kembali bertenaga dan sehat.

1. Istirahat secara FULL

Dengan mengitirahatkan merpati yang kamu miliki akan membuatnya cepat kembali bertenaga dan sehat.

Biasanya proses istirahat merpati itu sekitar 1 bulan.

Bahkan merpati yang sedang di istirahatkan tidak boleh diberikan jodohnya, hal ini akan membuat merpati menjadi lebih cepat sembuh dan bertenaga.

2. Istirahat & Loloh

Melolohkan adalah sifat alamiyah burung merpati, dimana biasannya burung merpati melolohkan anaknnya dari usia 0 sampai dengan 14 hari atau 2 minggu lamannya.

Belum ditambah dengan istirahat full sebagaimana dijelaskan diatas.

Apabila istirahat full membutuhkan waktu sekitar 1 buian, maka apabila di tambah dengan melolohkan anaknnya, bisa mencapai 1 setengah bulan.

Hal ini bukanlah masalah yang besar, bahkan dengan hal ini merpati yang kamu pelihara bisa dengan cepat kembali pulih dan bertenaga.

3. Tambahkan Vitamin

Penambahan vitamin pada merpati adalah hal yang wajib untuk menambah stamina dan kekebalan tubuh burung merpati.

Penambahan vitamin baik dengan menggunakan jamu, vitamin B komlek, ataupun probiotik. Akan membuat merpati cepat pulih dan kembali sehat.

selain itu penambahan vitamin kepada burung merpati akan menjadikan burung merpati tidak mudah sakit atau tidak mudah lelah.

Baca Juga : 10 Nama Burung Merpati yang Paling Membawa Hoki bagi Pemiliknya!
 
3 Hal diatas bisa kamu coba, untuk mengembalikan lagi stamina atau tenaga dari burung merpati yang kamu miliki. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.