Jenis, Spesies & Ciri-ciri Burung Cendrawasih Indonesia (2022)

Jenis, Spesies & Ciri-ciri Burung Cendrawasih Indonesia (2022)

Bird of Paradise atau burung surga adalah sebutan dari burung cendrawasih.

Burung cendrawasih adalah burung endemik asli Indonesia, burung ini bisa kamu temukan di Indonesia bagian timur, seperti papua, ataupun papua nugini.

Nama latin burung cendrawasih adalah burung famili Paradisaeidae dari keluarga ordo passeriformes.

Saking Indahnya burung ini, menjadikan burung ini menjadi salah satu dari maskot kota Papua yang sangat terkenal, sebanarnya apa saja si kelebihan dari burung cendrawasih ini ? berikut penjelasannya.

Habitat Burung Cendrawasih

Cendrawasih adalah salah satu satwa yang dilindungi oleh negara, hal ini dikarenakan populasi cendrawasih yang kian berkurang setiap tahunnya, baik di alam liar maupun di tempat obeservasi cendrawasih.

Burung cendrawasih ini memiliki habitat di hutan hujan tropis dengan tingkatan vegetasi yang lebat, dan ini bisa kamu temukan di wilayah papua, indonesia.

Burung cendrawasih juga memiliki sebutan burung surga halmahera, hal ini karena memang burung ini banyak ditemukan di wilayah halmahera, Papua.

Baca Juga : 10 Merpati Hias Paling Mahal & Indah di Indonesia!

Ciri Burung Cendrawasih

Burung Cendrwasih adalah burung yang berasal dari pulau Papua, burung ini terkenal karena keindahan bulunya yang berwarna warni, bahkan banyak yang menyebut kalau burung ini adalah burung surgannya halmahera.

Ciri ciri umum dari burung cendrawasih sendiri diantarannya,

  1. Memiliki corak bulu yang berwarna warni
  2. Memiiki Paruh yang melengkung tajam
  3. Paruh burung cendrawasih bisa panjang sampai dengan 15cm (Cendrawasih raja) dan 110cm pada (burung cendrawasih paruh – sabit hitam)
  4. Ditemukan di pulau papua dan sekitarnnya
  5. Mengalami dimorfik seksual (bentuk tubuh cendrawasih jantan dan betina) berbeda.

Burung cendrawasih jantan memiliki corak bulu yang lebih indah dan panjang dibandingkan dengan burung cendrawasih betina.

Selain itu burung cendrawasih atau yang memiliki nama latin famili Paradisaeidae memiliki sekitar 13 jenis dan 43 spesies yang tersebar di hampir seluruh wilayah Papua, Indonesia.

Dan berikut beberapa jenis dari burung cendrawasih papua.

Jenis Burung Cendrawasih

Meskipun terdiri dari 13 jenis dan 43 spesies, burung cendrawasih tetap menjadi burung yang lanka, hal ini dikarenakan proses perkembangbiakan burung cendrawasih di alam liar maupun di pusat pelestarian cendrawasih berjalan lambat dan sulit.

Sedangkan jenis burung cendrawasih yang bisa kita temukan, diantarannya,

1. Cendrawasih Kuning Kecil (Paradisaea minor)

Dibandingkan dengan jenis cendrawasih yang lain, burung cendrawasih kuning kecil ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan burung cendrawasih jenis lain.

Burung ini hanya mampu berkembang sampai dengan batas maksimal 32cm, dengan mayoritas bulu berwarna merah marun dengan bulu mahkota berwarna kuning.

Sedangkan pada burung cendrawasih jantan jenis ini memiliki tenggorokan berarna hijau zamrud dengan sepasang ekor panjang yang berwarna kuning.

Burung Cendrawasih Kuning Kecil ini bisa kalian temukan di pulau misool atau yapem, yaitu pulau kecil yang berada di utara pulau papua.

2. Cendrawasih Botak (Cicinnurus respublica)

Seperti namannya, cendrawasih botak ini tidak memiliki bulu di kepalannya, uniknya burung ini memiliki warna yang menarik pada bagian kepalannya yaitu berwarna biru muda.

Menariknya, burung ini juga pernah dibuatkan film oleh BBC pada tahun 1996.

Karakteristik cendrawasih botak ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 21cm, pada bagian tengkuk burung ini memiliki bulu berwarna kuning dan mulut yang berawrna hijau.

Burung cendrawasih botak dewasa biasannya memiliki warna merah maroon dan hitam.

Spesies cendrawasih botak bisa kamu temukan di kabupaten Raja Empat dan sekitarnnya, dan juga di wilayah papua barat

3. Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus)

Cendrawasih Gagak atau yang memiliki nama latin Lycocorax pyrrhopterus ini bisa kamu temukan di wilayah kepulauan maluku.

Berbeda dengan burung cendrawasih pada umumnya, corak burung cendrawasih ini lebih mirip dengan burung gagak, dengan warna hitam di sekujur tubuhnya dan mata yang berwarna merah karmin.

Selain itu secara fisik, burung cendrawasih gagak yang jantan ataupun betina tidak memiliki perbedaan yang berarti, dan burung ini bisa tumbuh sampai dengan panjang maksimal sekitar 35cm.

Burung cendrawasih gagak ini juga disebut dengan Halmahera Paradise Crow, karena banyak ditemukan diwilayah halmahera.

Baca Juga : Ciri Kenari Merlok (Merah Lokal) Lengkap dengan Harga Terbarunya

4. Cendrawasih Bidadari Halmahera (Semioptera wallacei)

Sesuai dengan namannya, burung Cendrawasih Bidadari Halmahera atau yang memiliki nama ilmiah Semioptera wallacei ini bisa kamu temukan di wilayah halmahera dan juga pulau bacan.

Ciri fisik burung bidadari halmahera ini yaitu memiliki dua pasang bulu putih panjang di samping tubuhnya, selain itu untuk burung cendrawasih halmahera yang jantan terdapat mahkota yang berwarna ungu mengkilap dan bagian dadannya terdapat warna hijau.

Sedangkan untuk betinannya sendiri memiliki tubuh yang lebih kecil, dan memiliki bulu berwarna coklat.

5. Cendrawasih Paradigalla (Paradigalla carunculata)

Hampir sama dengan burung cendrawasih gagak, burung cendrawasih paradigalla ini juga memiliki bulu yang berwarna hitam disekujur tubuhnya, hanya saja yang membedakan dengan cendrawasih gagak adalah pada bagian wajarhnya yang terdapat bulu berwarna kuning, merah dan biru langit yang berada dekat dengan paruhnya.

Untuk perbedaan burung cendrawasih jantan dan betina pada jenis ini, tidak terlalu berbeda hampir sama, hanya saja pada burung cendrawasih betina memiliki warna yang lebih kusam.

Cendrawasih Paradigalla atau yang memiliki nama latin Paradigalla carunculata bisa kamu temukan di wilayah pegunungan arfak, papua barat.

6. Cendrawasih Parotia Arfak (Parotia sefilata)

Cendrawasih Parotia Arfak merupakan burung yang bersifat dimorfik, yaitu burung yang jantan dan betinannya memiliki warna bulu yang berbeda.

Burung cendrawasih jenis ini bisa tumbuh hingga panjang 33cm, yang unik dari burung cendrawasih yang satu ini adalah terdapat tiga bulu panjang dibelakang matannya.

Cendrawasih Parotia Arfak atau yang memiliki nama latin Parotia sefilata ini bisa kamu temukan di wilayah hutan pegunungan vogelkop & semenanjung wandamenn di wilayah papua barat.

7. Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra)

Cendrawasih Merah merupakan salah satu burung endemik yang hanya bisa ditemukan di pulau waigeo dan batanta di wilayah kabupaten Raja Ampat.

IUCN Red List atau yang biasa mencatat populasi satwa liar menjadikan burung cendrawasih merah ini adalah burung yang terancam punah.

8. Cendrawasih Astrapia Arfak (Astrapia nigra)

Salah satu burung endemik yang ada di pegunungan Arfak ini memang bukan burung yang sembarangan.

Burung Cendrawasih Astrapia Arfak bisa tumbuh hingga panjang 78cm, berbeda dengan jenis burung cendrawasih yang lainnya, burung ini termasuk burung cendrawasih yang besar dan panjang.

Keunikan dari cendrawasih ini adalah, burung Cendrawasih Astrapia Arfak hanya bisa hidup diatas ketinggian 1.700 – 2.250meter diatas permukaan laut, dan juga burung ini memiliki ekor yang lebih panjang dibanding tubuhnya sendiri.

9. Cendrawasih Biru (Blue Bird of Paradise)

Blue Bird of Paradise adalah sebutan bagi burung cendrawasih biru yang sangat populer di Indonesia.

Burung ini bisa kita temukan disemua wilayah papua dan papua nugini, burung cantik yang memiliki sayap biru langit ini memang menjadi burung yang banyak orang ingin melihatnya.

Burung Cendrawasih biru ini bisa tumbuh sampai dengan maksimal 31 cm.

10. Cendrawasih Panji (King of saxony bird of paradise)

King of saxony bird of paradise atau dikenal dengan rajannya burung cendrawasih ini memang menjadi salah satu spesies burung cendrawasih yang paling cantik.

Karateristik dari burung cendrawasih panji ini adalah memiliki bulu panjang sekitar 41cm.

Selain itu untuk ciri burung cendrawasih panji yang betina sendiri memiliki tubuh yang lebih mungil yaitu sekitar 19cm.

Cendrawasih Panji ini bisa kamu temukan di wilayah Papua ataupun di pegunungan Jaya Wijaya.

11. Cendrawasih Kerah (Super Bird of Paradise)

Cendrawasih Kerah atau yang memiliki nama latin Super Bird of Paradise adalah burung yang hanya bisa ditemukan di wilayah papua.

Burung Cendrawasih Kerah ini juga salah satu burung yang unik, pasalnya burung cendrawasih kerah betina hanya mau kawin setelah menolak 15-20 pejantan, hal ini yang juga menjadikan burung ini kita semakin hari semakin berkurang populasinnya, dan semakin sulit untuk di temukan.

12. Cendrawasih Raja (Cicinnurus regius)

Burung Cendrawasih Raja adalah burung yang bisa kita temukan di seluruh hutan rendah di pulau papua dan sekitarnnya.

Ciri fisik burung cendrawasih raja ini adalah, bagi burung jantan berwarna merah tua terang & putih yang memiliki kaki berwarna biru, memiliki ekor yang panjang dengan ujung ekor berwarna hijau zamrud.

Sedangkan untuk betinannya sendiri berwarna coklat garis garis, makanan burung cendrawasih ini adalah buah buahan dan artropod.

13. Cenderawasih Kuning Besar (Paradisaea apoda)

Burung Cenderawasih Kuning Besar ini merupakan spesies burung terbesar didalam keluarga paradisaea yang dimana burung ini bisa tumbuh hingga berukuran 43cm.

Untuk ciri fisik burung cendrawasih kuning besar ini hampir sama dengan ciri burung cendrawasih kuning kecil, yaitu dengan bulu berwarna merah dan terdapat mahkota kuning dikepalannya.

Itulah beberapa jenis burung cendrawasih yang ada di Indonesia, selain ciri ciri atau karakteristik diatas, burung cendrawasih juga merupakan ciri khas motif ragam hias dari daerah yang ada di Indonesia.

Makanan Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih merupakan kelompok burung yang tergolong dalam famili paradisaeidae, yang dimana burung ini merupakan burung pemakan segala, namun makanan utama burung cendrawasih sendiri adalah biji bijian & buah.

Terkadang dialam liar burung cendrawasih juga memakan serangga kecil atau hewan kecil, seperti udang dan laba laba.

Harga Burung Cendrawasih

Tidak semua jenis burung cendrawasih dapat diperjualbelikan ya teman teman, karena ada spesies atau jenis burung cendrawasih yang dilindungi.

Namun meskipun tidak dilindungi burung cendrawasih tidak bisa diperjualbelikan, karena memang populasinnya yang kian berkurang baik di penangkaran maupun alam liar.

Dan apabila ada yang memperjualbelikan burung cendrawasih ini kamu bisa melaporkan ke pihak berwajib ataupun ke lembaga masyarakat setempat.

Gambar Burung Cendrawasih

Dan berikut beberapa gambar burung cendrawasih berdasarkan spesies yang dapat kami rangkum.

1. Gambar Burung Cendrawasih Keluagra Spesies Manukodia

2. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Paradigalla

3. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Astrapia

4. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Parotia

5. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Lophorina

6. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Ptiloris

7. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Cicinnrus

8. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Semioptera

9. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Seleucidis

10. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Paradisaea

11. Gambar Burung Cendrawasih Keluarga Spesies Melampita


Pelestarian Cendrawasih

Burung cendrawasih merupakan burung yang sangat indah yang bisa kita temukan di sebagian wilayah di Indonesia.

Namun dari waktu ke waktu populasi burung ini kian berkurang baik di pusat pelestarian maupun di alam liar.

Sebagaimana yang diatur didalam Undang-undang No.5 Tahun 1990 dan dipertegas terhadap surat keputusan menteri kehutanan No. 301/Kpts-II/1992 yang dimana burung cendrawasih menjadi salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Maka dari itu mari kita mulai menjaga untuk tidak berburu burung endemik Indonesia ini, dan juga tidak merusak lingkungan atau habitat asli dari burung cendrawasih, agar nantinnya anak cucu kita tidak hanya mendengar dongeng mengenai burung cendrawasih melainkan juga dapat melihat secara langsung burung bersejarah yang satu ini, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.