5 Ciri Perkutut Berkhodam & Bertuah yang Perlu anda Ketahui

5 Ciri Perkutut Berkhodam & Bertuah yang Perlu anda Ketahui

Burung Perkutut tidak berbeda jauh dengan burung tuwu dimana burung perkutut juga menjadi salah satu burung yang bertuah yg dipercaya oleh masyarakat Jawa pada khususnya.

Lalu bagaimana kita mengetahui perkutut yang kita miliki bukan perkutut berhodam atau bertuah, simak penjelasannya berikut ini.

Ciri – ciri Perkutut Berkhodam

Ciri perkutut berkhodam berikut ini merupakan hasil dari asumsi di masyarakat bukan hal yang sebenarnnya.

1. Perkutut Cenderung Tenang

Perkutut yang pembawaannya cenderung tenang dipercaya perkutut tersebut memiliki khodam atau bertuah.

Tenang disini dimaksud, bahwa perkutut tersebut tidak memiliki banyak tingkah, baik di tempat yang baru ataupun tempat yang lama.

Perkutut yang pembawaannya tenang juga tidak mudah stress dan jarang saki.

2. Sering Memberikan Isyarat

Dipercaya oleh masyarakat bahwa ciri perkutut yang berkhodam adalah dia sering memberikan isyarat kepada pemilknnya.

Hal ini terkadang tidak disadari oleh sang pemilik, karena memang dianggap seperti hal biasa namun apabila terjadi suatu kejadian maka hal tersebut baru akan dikaitkan dengan pertanda yang burung perkutut sampaikan/

3. Kebiasaan Manggung yang berbeda

Ciri perkutut berkhodam juga bisa kita lihat dari kebiasaan manggungnya yang berbeda beda, hal ini karena perkutut berkhodam tau mana tempat yang baik dan yang kurang baik, atau hal laiinnya.

Hal ini juga yang membuat kebiasaan manggung atau bersuaranya menjadi berbeda beda, kadang lirih pelan panjang, kadang keras cepat panjang atau sebaliknya.

4. Pahami Ciri Mathi Katuranggan

Cara mengetahui ciri perkutut bertuah selanjutnya adalah dengan memahami mathi katuranggan.

Katuranggan adalah ilmu titen yang dipercaya oleh masyarakat jawa, hal ini sudah saya bahas tuntas pada artikel Jenis Burung Perkutut Katuranggan, silahkan dibaca.

5. Asal Muasal Burung Perkutut

Membeli burung perkutut, yang diperhatikan tidak hanya memilih perkutut yang bagus saja, melainkan asal muasal burung tersebut juga menjadi hal yang kita perhatikan.

Ketika kamu memperhatikan asal muasal dari burung perkutut ini kamu bisa menilai bahwa burung perkutut yang kamu akan beli ini merupakan salah satu burung perkutut berkhodam atau bertuah atau bukan.

6. Konsultasikan dengan Sesama Pecinta Perkutut

Buatlah komunitas, seringlah berkumpul dengan orang orang yang hobinnya sama denganmu, mintalah nasehat agar nantinnya kamu tidak salah pada saat mulai memelihara atau merawat burung perkutut.

Terkadang orang yang sering interaksi dengan burung perkutut memiliki intuisi atau insting yang lebih kuat dibanding kamu yang baru akan memulai memelihara.

Baca Juga : 10 Jenis Perkutut Katuranggan dan Gambarnya Lengkap dengan Cirinya


Istimewanya Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu burung yang istimewa, hal ini dilihat dari sejarah burung ini, yang dimana sangat dekat dengan kerajaan majapahit.

Hal inilah yang menjadikah mitos memlihara burung perkutut begitu hangat dan begitu terkenal dimasyarakat.

Banyak yang mengatakan kalau perkutut adalah burung pertanda, yang dimana burung ini kadang membawa kabar baik ataupun kabar buruk tergantung orang yang mampu membacannya.


BACAJUGA:


Adapula yang mengatakan burung perkutut adalah jelmaan dari putra raja bali, dll.

Namun kembali lagi, itu hanyalah mitos yang tersemat kepada burung perkutut, adapun kebenarannya kembali ke diri kita masing masing.

Adapun suara perkutut bertuah bisa kamu baca pada artikel Suara perkutut bertuah, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.