3 Ciri Sayap Merpati ini Bikin Merpatimu Juara!

3 Ciri Sayap Merpati ini Bikin Merpatimu Juara!

Merpati Tinggian atau juga dikenal dengan merpati kolong tinggian adalah salah satu jenis perlombaan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Jenis Burung Merpati yang digunakan pada perlombaan ini biasannya adalah burung merpati jenis megan atau tritis.

Dan untuk memilih merpati tinggian yang bagus dan yang tidak anda bisa melihat pada bagian sayapnya.

Dan pada artikel burungbos.com kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih burung merpati tinggian yang bagus hanya dengan melihat sayapnya.


Ciri Burung Merpati Tinggian

Untuk mengetahui burung merpati yang ingin anda beli termasuk merpati tinggian atau bukan, anda bisa melihatnya dengan cara ini.

1. Bentuk Kepala

Bentuk Kepala menjadi hal yang pertama kali anda perhatikan ketika anda ingin membeli burung merpati tinggian.

Kenapa ?

Karena kepala ada simbol karakter, simbol sifat yang dimana burung merpati tinggian harus memiliki sifat yang pantang menyerah dan tidak mau mengalah.

Semakin besar kepala burung merpati akan semakin baik, burung merpati sendiri memiliki perbedaan dalam bentuk kepala ada yang bulat, ada yang 90 derajat, ada yang 45 derajat dan bahkan ada burung merpati yang memiliki kepala yang lancip.

Saya sendiri lebih memilih burung merpati dengan kepala yang bulat 90 derajat, alasannya karena burung merpati ini cenderung lebih mangayomi dan tidak peduli dengan musuh.

Berbeda dengan burung merpati yang kepalannya bulat 45derajat, dimana burung merpati dengan kepala 45 derajat ini mudah sekali terpengaruh oleh lawan yang hanya akan membuat tenaganya habis sebelum selesai.

2. Kaki

Burung merpati tinggian yang bagus adalah burung merpati yang memiliki kaki yang panjang.

Dimana kaki terpanjang pada burung merpati dimiliki pada spesies burung merpati maltase pigeon dimana burung ini memiliki kaki yang sangat panjang.

Kenapa harus memilih burung merpati yang kakinnya panjang ?

Burung merpati dengan kaki yang panjang ini akan membantunnya dalam pendaratan, karena biasannya burung merpati tinggian mampu mendarat secara vertikal seperti arah jam 12.

Apabila burung merpati tinggian memiliki kaki yang pendek akan menyulitkannya dalam pendaratan, biasannya burung merpati dengan kaki yang pendek akan mendarat kira kira 20cm di belakang betinnya.

Dan semakin tinggi penerbangan akan semakin membahayakan baginnya, tak sedikit burung merpati tinggian yang memiliki kaki pendek banyak yang mati gara gara gagal dalam pendaratan dan jatuh ke tanah.

Baca Juga : 7 Makanan Merpati yang bisa bikin stamina burung merpati tetap terjaga!

3. Paruh & Kuku

Paruh dan Kuku pada burung merpati merupakan simbol dari struktur tulang secara keseluruhan.

Dimana burung merpati yang memiliki paruh yang ramping maka otomatis kuku merpati tersebut akan panjang, dan ini sangat bagus bagi burung merpati tinggian.

Ingat…

Perlombaan burung merpati tinggian adalah perlombaan adu ketangkasan bukan halnya seperti adu ayam, maka apabila paruh dan kukunnya bagus, dan proposional secara keseluruhan itu lebih baik dan lebih bagus.

4. Badan

Badan burung merpati tinggian yang ideal dan yang bagus adalah yang kenyal atau empuk.

Kenapa ?

Karena hal ini akan memudahkannya saat bermanuver untuk turun atau mendarat.

Burung merpati tinggian yang tidak memiliki badan ideal akan membuatnya sulit bermanuver dan banyak yang akhirnnya memperlambat laju terbangnya ketika hendak menurun.

5. Mata

Ini hal tersulit bagi yang belum tau, dan ini hal yang paling mudah bagi yang sudah berpengalaman.

Merpati tinggian yang bagus adalah merpati yang memiliki bola mata yang presisi dan mata harus berada jaug kedalam, hal ini akan membuat mata burung merpati lebih aman dari angin.

Karena tidak sedikit kasus, burung merpati gagal mendarat karena memang matannya sudah tidak bisa menahan terpaan angin yang kencang.

Maka dari itu merpati yang memiliki mata kedalam dan presisi jauh lebih baik dibanding merpati yang memiliki mata menjulur keluar.

Itulah 5 hal yang penting kalian perhatikan sebelum kalian menentukan merpati mana yang ingin kalian beli.

Baca Juga : 5 Cara ini bisa bikin burung merpatimu tetap sehat & ngga gampang sakit!

Ada 1 hal lagi mengenai Sayap, dan ini yang menjadi poin ini pembahasan kita, ciri sayap yang baik bagi merpati tinggian adalah.


Ciri Sayap Merpati Tinggian yang Bagus

Ciri ciri pertama sayap burung merpati tinggian yang bagus adalah apabila burung tersebut memiliki 3 kriteria ini.

  1. Sayap yang Cembung
  2. Sayap yang Lebar
  3. Sayap yang Panjang

3 Hal diatas menjadi kunci dan cara kita melihat ini burung merpati tinggian yang bagus atau tidak.

Kenapa…?

Karena semakin lebar sayap, semakin panjang sayap akan semakin memudahkan merpati terbang tinggi dan mendarat dengan selamat.

Baru setelah 3 hal ini, kita bisa melihat bulu di sayap burung merpati tersebut kaku atau lembut, dll.

Merpati dengan sayap yang panjang dan lebar serta rengkat-rengkat akan menjadikan merpati tersebut mudah untuk terbang setinggi mungkin.

Selain itu hal ini juga dapat menghemat tenaga bagi sang merpati.

Dan Karena hal inilah merpati tinggian asal belgia mampu dibayar hingga 26milyar, karena memiliki kriteria baik tubuh, kaki, mata, badan dan sayap yang sangat bagus.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.