Daftar Harga Burung Elang Semua Jenis & Informasi Pendukung!

Daftar Harga Burung Elang Semua Jenis & Informasi Pendukung!

Elang adalah salah satu burung yang populasinnya kini semakin sedikit, bahkan tidak hanya memeliharanya secara asal yang dilarang, memperjualbelikan elang kini dapat dikenai hukuman.

Elang atau disebut juga burung eagle adalah burung pemangsa yang besar dari suku Accipitridae, yaitu salah satu dari 3 burung pemangsa yang berada di puncak rantai makanan.

Selain memiliki ukuran yang besar, burung elang juga sangat gagah dan mampu terbang dengan sangat tinggi loh, mau tau informasi menarik mengenai burung elang ini ? Berikut penjelasannya.

Jenis Burung Elang di Indonesia

Burung elang atau burung eagle ini merupakan burung yang hampir ada disetiap negara di dunia, meskipun penyebarannya sangat luas namun disetiap wilayah di dunia burung besar ini juga telah mengalami penurunan populasinnya, maka dari itu tidak hanya di lindungi di Indonesia melainkan burung elang ini juga menjadi burung yang di lindungi di seluruh dunia.

Dan berikut adalah beberapa jenis burung elang yg ada di Indonesia, yang kamu bisa lihat dan temukan di Indonesia.

Daftar Jenis Burung Elang Yang Ada di Indonesia

1. Jenis Burung Elang Jawa

Elang jawa atau dikenal juga dengan Nisaetus bartelsi ini adalah burung elang dengan ukuran sedang yang juga menjadi burung endemik di pulau jawa.

Taukah kamu bahwa burung elang jawa ini adalah burung yang dijadikan sebagai lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda.

Dan Pada tahun 1992 pemerintah Indonesia menjadikan elang jawa menjadi salah satu satwa yang langka di Indonesia karena populasinnya yang kian menurun setiap tahunnya.

Makanan burung elang jawa ini sama halnya dengan jenis burung elang yang lainnya, yaitu mamalia kecil yang tidak lebih besar dari ukurannya badannya.

Untuk harga burung elang jawa sendiri berkisar di angka 5 – 20jt/ekornnya, namun tidak semua orang di izinkan untuk memeliharannya.

2. Jenis Burung Elang Alap-alap

Elang Alap adalah spesies burung elang yang masuk kedalam keluarga Accipitridae yang dimana keluarga burung Accipitridae adalah sebutan bagi keluarga burung pemangsa yang menduduki puncak rantai makanan burung elang.

Burung Elang Alap Alap ini memiliki penglihatan yang sangat tajam, 2,6 kali lebih kuat dibanding dengan penglihatan manusia.

Alap alap ini juga menjadi sahabat bagi para petani, karena burung ini sangat senang memangsa tikus sawah, sehingga banyak kita lihat burung ini berkeliaran diarea persawahan yang cukup luas.

Harga Burung Elang Alap Alap ini berkisar diangkat 1,5 – 8jt/ekornnya.

3. Jenis Burung Elang Bondol

Elang Bandol atau yang bernama latin Haliastur indus ini merupakan burung elang yang menjadi maskot ibukota Indonesia yaitu DKI Jakarta.

Dibandingkan dengan jenis burung elang yang lainnya, burung elang bandol ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, meskipun begitu namun pada saat terbang kemampuan hooveringnya sangatlah hebat.

Meski kadang terlihat sendirian saat terbang, namun apabila mencari makan burung elang bandol ini bisa melakukan perburuan dalam kelompok loh, biasannya terdiri dari 35 burung elang bondol.

Makanan Burung Elang Bondol ini adalah burung burung lain, ayam, dan juga mamalia kecil lainnya.

Harga Burung Elang Bondol ini 2jt – 7jt/ekornya belum termasuk dengan izin untuk memeliharannya.

Baca Juga : Jenis & Harga Burung Paruh Bengkok Terbaru Tahun 2022

4. Jenis Burung Elang Brontok

Elang brontok atau elang pemangsa ini menurut kami adalah salah satu jenis elang yang paling cantik.

Meskipun terlihar gahar, namun warna yang dimiliki burung elang brontok ini sangatlah menarik, sebagaimana jenis makanan burung elang yang lainnya, makanan burung elang brontok juga mamalia kecil.

Burung elang brontok ini bisa ditemukan di kawasan Asia Selatan, India, Sri langka sampai dengan Indonesia.

Harga Burung Elang Brontok sendiri berkisar di angka 1,5 – 5jt/ekornnya.

5. Jenis Burung Elang Tikus

Burung Elang Tikus atau Elanus caeruleus ini adalah jenis burung elang kecil diantara spesies elang yang lainnya.

Ukuran burung elang tikus ini berkisar antara 30-50cm saja, namun meskipun ukurannya tidak terlalu besar elang tikus ini mampu terbang pada ketinggian 2000mdpl.

Elang Tikus ini juga menjadi salah satu jenis burung elang yang tidak dilindungi secara global dan bisa diperdagangkan dengan aturan tertentu.

Tetapi bagi kamu werga Indonesia tetap tidak bisa memilihara burung ini, karena pemerintah Indonesia menjadikan burung elang ini burung yang di Linduingi dengan PP No.7 tahun 1999.

Harga Burung Elang Tikus ini berkisar di angkat 5-10jt/ekornnya, belum termasuk dengan perizinian dalam memelihara burung ini.

6. Jenis Burung Elang Bido

Elang Bido atau juga dikenal dengan Elang Ular Bido adalah burung elang yang mampu tumbuh sampai dengan ukuran 50-70cm.

Dibandingkan dengan jenis atau spesies yang lain, burung elang bido ini sangatlah adaptif sehingga bisa kita jumpai di habitat aslinnya, mulai dari hutan primer, sekunder, perkebuanan, hutan pantai, sabana bahkan daerah dekat dengan pemukiman.

Penyebaran burung elang bido ini hampir diseluruh wilayah Asia, bahkan sampai dengan ke nepal dan cina.

Harga Burung Elang Bido ini berkisar diangkat 2jt – 7jt/ekornnya.

7. Jenis Burung Elang Laut Dada Putih

Burung Elang Putih adalah burung yang dilindungi oleh Undang Undang no.5 tahun 1990 mengenai konservasi sumber daya hayati dan ekosistemnya, PP 7 dan 8 tahun 1999.

Burung yang memiliki tubuh besar dengan sayap yang kokoh ini bisa kita temukan dari mulai India, sampai dengan negara negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Apabila ada yang bertanya mengenai “apa makanan burung elang laut ini?” maka jawabannya adalah Ikan ikan yang ada dilautan dengan ukuran yang sedang, tidak jarang burung elang laut ini juga memangsa ular yang berenang di laut.

Harga Burung Elang Laut dada putih ini berkisar di angkat 4jt – 25jt/ekornya, diluar biaya perizinana yang harus dikeluarkan untuk dapat memelihara burung besar yang satu ini.

8. Jenis Burung Elang Golden Eagle

Burung Elang Golden Eagle adalah salah satu burung elang terbesar diantara spesies burung elang yang lainnya.

Rajanya langit ini baru baru ini menjadi sorotan karena di pelihara oleh salah satu pecinta binatang ternama yaitu alshad ahmad, melalui chanel youtubenya alshad ahmad memperkenalkan salah satu ras burung terbesar di dunia yaitu burung elang golden eagle.

Buat kamu yang penasaran dengan harga burung elang golden eagle, atau harga burung elang emas ini kamu bisa memilikinnya dengan morogoh kocek minimal 50 – 300jt rupiah, bagaimana ? Tertarik untuk memlihara satwa lanka ini ?

9. Jenis Burung Elang Hitam

Burung elang hitam atau yang memiliki nama latin Ictinaetus malayensis adalah salah satu spesies burung elang yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, ia hanya mampu tumbuh sampai dengan ukuran 70cm saja.

Meskipun begitu, burung elang hitam ini mampu terbang sampai dengan ketinggian 300 – 2000 mdpl.

Karakterisitik dari burung elang hitam ini adalah sayapnya yang menjari, lebar dan juga kokoh, selain itu ciri lain dari burung elang hitam ini adalah memiliki bulu yang hitam pekat, kecuali ekornya yang memiliki bulu aga kecoklatan.

Makanan Burung Elang Hitam ini adalah kadal, ayam, tupai serta hewan hewan yang berukuran sedang lainnya.

Harga Burung Elang Hitam ini berkisar di angkat 3jt – 10jt/ekor, namun untuk dapat memeliharannya perlu izin khusus dan juga tidak sembarangan orang dapat memeliharannya.

10. Jenis Burung Elang Papua

ELang Papua atau yang memiliki nama latin Harpyopsis novaeguineae adalah satu satunnya burung elang di Indonesia yang masuk kedalam kelompok harpiiane dimana jenis yang lainnya seperti elang jambul, elang harpy hanya bisa ditemukan di Amerika.

Elang papua ini mampu tumbuh sampai dengan ukuran 75-100cm, dengan lebar sayap berkisar diantara 160cm.

Burung yang dikenal juga dengan Rajawali Papua ini mampu terbang di ketinggian 3.200mdpl dan menjadi salah satu hewan endemik di papua dan juga papua nugini.

Itulah beberapa jenis jenis burung elang yang bisa kamu temukan dengan mudah di indonesia.

Selain jenis burung elang yang sudah disebutkan diatas, kamu sebenarnnya masih bisa melihat spesies lain seperti Jenis Elang Gunung, Elang Buteo, Elang Sulawesi, Elang Flores, Elang Wallace, Elang Kepala Abu, Elang Perut Karat, Elang Paria, Rajawali Kuskus, atau Rajawali Tutul di Indonesia, namun populasinnya kini sangat sulit dijumpai, kamu mungkin bisa melihatnnya di penangkaran satwa dilindungi atau di kebun binatang besar seperti ragunan, gembira loka dan semacamnnya.

Download Suara Burung Elang Mp3

Sebagai tambahan bagi kamu yang penasaran mengenai suara burung elang berikut kami berikan beberapa informasi suara burung elang yang bisa kamu download.

Download Mp3 Suara Burung Elang Terbaru

Suara Burung Elang Sumatra

Suara Burung Elang Ular Bido

Suara Burung Elang Laut

Demikian informasi mengenai burung elang yang bisa kami sampaikan, dari mulai jenis burung elang, harga burung elang, sampai dengan makanan burung elang.

Apabila terjadi kesalahan informasi yang kami kutip, kami mohon maaf mungkin sahabat burung bisa mengingatkan melalui koment yang tersedia pada artikel dibawah ini, demikan terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.