Harga Burung Hantu Semua Jenis Terbaru 2022 | LENGKAP!

Harga Burung Hantu Semua Jenis Terbaru 2022 | LENGKAP!

Burung Hantu adalah burung yang masih masuk kedalam keluarga ordo Strigiformes. Burung Hantu ini juga merupakan burung yang nokturnal yang banyak bergerak di malam hari dalam mencari mangsannya.

Burung ini tersebar hampir diseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di dunia barat burung hantu dikenal sebagai simbol kebijaksanaan, namun di Indonesia atau di beberapa tempat lainnya burung hantu ini dianggap sebagai pertanda maut, maka banyak yang menyebutnya sebagai burung hantu.

Tapi taukah kamu, bahwa burung hantu ternyata tidak semenyeramkan namannya lohh, mau tau kenapa ? Berikut penjelasan lengkapnnya.

Karakteristik Burung Hantu

Karakteristik Burung Hantu atau Ciri ciri burung hantu yang paling bisa kita lihat dengan mudah adalah dengan memiliki bentuk mata yang besar dan menghadap kedepan.

Selain memiliki dua mata yang besar yang menghadap kedepan leher burung hantu juga sangat lentur, dan dapat diputar sampai dengan 180 derajat ke belakang.

Hal ini juga lah yang menjadikan burung ini disebut sebagai burung hantu.

Setidaknya ada 244 spesies burung hantu yang tersebar di seluruh belahan dunia, namun di Indonesia hanya terdapat beberapa spesies saja.

Baca Juga : Burung Cucak Keling | Jenis, Harga & Mitos di Masyarakat

Jenis Burung Hantu di Indonesia

Tidak semua jenis burung hantu bisa kita temukan di negara kita tercinta Indonesia, di Indonesia sendiri burung hantu ini juga ada yang dilindungi undang undang jadi tidak sembarangan dalam diperjualbelikan.

Namun sebagai informasi, berikut kami jelaskan mengenai jenis jenis burung hantu dan hargannya yang mungkin bisa dijadikan referensi kamu dalam menggali informasi seputar burung hantu.

Daftar Jenis Burung Hantu Indonesia

1. Jenis Burung Hantu Celepuk Reban

Burung Hantu Celapuk Reban adalah salah satu jenis burung hantu kecil dari keluarga stigidae.

Burung hantu ini juga juga dikenal dengan burung hantu celepuk, burung hantu bueuk, burung hantu manuk kuwek dll.

Burung hantu yang mampu tumbuh hanya sampai 20-21cm ini memang sangatlah unik, selain memiliki warna bulu yang tidak beraturan atau burik secara sekilas burung ini juga terlihat menakutkan dibanding dengan jenis burung hantu yang lainnya.

Burung Hantu Celepuk ini dapat kita temukan di tepi tepi hutan, perkebunan, pekarangan dan juga taman taman di kota besar.

Makanan Burung hantu celepuk ini sama saja dengan jenis burung hantu yang lainnya, yaitu mamalia kecil dan juga serangga serangga kecil lainnya.

Harga Burung Hantu Celepuk Reban atau harga burung hantu celepuk jawa ini berkisar di 150 – 400rb/ ekornnya.

Burung hantu celepuk reban ini terkenal memang menjadi salah satu harga burung hantu murah sehingga banyak yang mengkoleksi burung hantu jenis ini.

Baca Juga : Harga Burung Poksay Terbaru 2022 | Lengkap Informasi Lainnya!

2. Jenis Burung Hantu Bubo Beluk Jampuk

Burung Hantu Beluk Jampuk atau dikenal juga dengan burung hantu sumatranus merupakan burung hantu yang bisa kita temukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Selain dikenal dengan beluk jampuk, burung hantu ini juga memiliki sebutan lain yaitu malay eagle-owl dan burung hantu hingkik.

Jenis burung hantu ini mampu tumbuh sampai dengan ukuran 40-46cm dengan berat tubuh sekitar 700gram.

Ciri ciri burung hantu sumatranus ini yaitu memiliki bulu berwarna abu tua, dengan telinga yang horizontal dan juga memiliki garis abu abu tua diseluruh tubuhnnya.

Untuk makanan burung hantu bubo sumatranus ini yaitu tikus dan juga burung burung kecil yang ia temukan di alam liar.

Harga Burung Hantu Bubo beluk jampuk atau harga burung hantu sumatranus ini berkisar dari 1,2jt sd 3jt/ekornnya, bagaimana ? berminat untuk memelihara salah satu spesies dari burung hantu ini ?

3. Jenis Burung Hantu Serak Jawa

Burung Hantu Serak Jawa (tyto alba) atau dikenal juga dengan burung hantu barn owl atau burung hantu gudang adalah burung hantu yang mampu tumbuh hingga berukuran 34cm.

Burung hantu tyto alba ini sangat mudah dikenali karena burung hantu ini memiliki bulu berwarna putih dengan sayap berwarna cokelat.

Perbedaan ukuran tubuh burung hantu gudang betina dengan yang jantan tidak jauh berbeda, burung hantu tyto alba betina mampu tumbuh sampai dengan 34-40cm sedangkan burung hantu tyto alba jantan berkisar di angkat 32-38 cm.

Karakteristik lain dari burung hantu serak ini adalah ia memiliki muka yang hampir membentuk hati atau love.

Selain itu burung ini juga sempat viral, karena sering muncul pada adegan film box office dunia yaitu Herry Potter.

Untuk makanan burung hantu tyto alba ini ia sangat senang sekali dengan tikus putih, dan juga kadal, namun di alam liar makanan burung hantu serak jawa atau barn owl ini biasannya hewan hewan kecil atau serangga.

Harga Burung Hantu Serak Jawa, atau Harga Burung Hantu Tyto Alba atau juga Harga Burung Hantu Gudang ini berkisar dari 250rb – 1jt rupiah/ekornnya.

4. Jenis Burung Hantu Beluk Ketupa

Burung Hantu Beluk Ketupa atau dikenal juga dengan burung hantu buffy fish owl adalah burung hantu yang masuk kedalam keluarga genus ketupa,

Burung hantu jenis ini dapat kita jumpai dibeberapa wilayah di Indonesia, seperti jawa, bali, sumatra, kalimantan dll.

Burung Hantu buffy fish owl ini termasuk jenis burung hantu terbesar karena ia mampu tumbuh sampai dengan ukuran 70cm dengan berat lebih dari 2100gram.

Selain itu burung hantu ini sempat populer dikalangan para pecinta burung hantu, karena jenis burung hantu ini dipelihara dan menjadi hewan setia salah satu pesulap di Indonesia yaitu Master limbad.

Karakteristik burung ini adalah memiliki bulu berwarna cokelat kekuningan, dengan mata berwarna kuning terang dan mata yang besar.

Makanan burung hantu buffy fish owl dialam liar berupa ikan, reptil kecil, katak atau hewan mamalia kecil lainnya, tak sedikit burung ini juga memakan kelelawar.

Bunyi suara burung hantu ini juga agak menyeramkan, bunyinnya seperti hie-ee-ee-eek-eek-keek dan juga mendesis.

Harga Burung Hantu buffy fish owl ini berkisar dari 250rb sd 1,8jt/ekornnya.

5. Jenis Burung Hantu Strix Seloputo

Burung Hantu Strix Seloputo atau dikenal juga dengan kuku seloputu dan spotterd wood owl adalah burung hantu yang sangat aktiv ketika malam hari.

Salah satu jenis burung hantu terbesar ini memiliki karakteristik mata yang berwarna cokelat tua.

Makanan burung hantu strix seloputo ini berupa burung kecil, tikus putih, ikan dan juga tidbits.

Untuk harga burung hantu strix seloputo ini berkisar dari 1,5jt – 2,7jt/ekornnya.

Maka tak heran jika burung hantu strix ini masuk kederetan salah satu harga burung hantu termahal dari spesies yang lain.

Baca Juga : Harga Burung Kedasih Terbaru 2022 | Lengkap Informasi Lainnya!

6. Jenis Burung Hantu Punggung Cokelat

Burung Hantu Punggung Cokelat atau juga dikenal dengan jenis burung hantu ninox atau juga dikenal dengan Burung Hantu Brown Hawk Owl ini adalah burung yang tersebar hampir diseluruh wilayah asia tenggara termasuk Indonesia.

Jenis burung hantu ninox ini adalah burung hantu yang hampir mirip dengan burung elang, memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan bulu bulu berwarna gelap dan mata yang besar.

Harga Burung Hantu Ninox atau harga Burung Hantu Brown Hawk Owl ini berkisar antara 600 sd 800rb/ekornnya.

7. Jenis Burung Hantu Salju Putih

Snowy Owl atau dikenal dengan burung hantu salju ini mempunyai ciri khas berupa bulu yang berwarna putih seperti salju dengan sedikit bercak hitam di sayapnya.

Salah satu jenis burung hantu putih ini mampu tumbuh sampai dengan ukuran 30cm.

Namun sayang, burung ini hanya bisa dijumpai di wilayah arktrik Amerika utara atau di Eropa.

Harga Burung Hantu Salju Putih atau harga burung hantu putih ini berkisar dari harga 400rb – 1,5jt/ekornnya.

8. Jenis Burung Hantu Javan Owlet

Burung hantu beluk watu jawa atau dikenal juga dengan burung hantu javan owlet ini merupakan burung hantu endemik Indonesia.

Salah satu jenis burung hantu kecil ini memiliki karakteristik warna cokelat kekuningan, dengan paruh yang berwarna hijau dan kakinnya juga berwarna hijau.

Habitat burung hantu javan owlet ini adalah di hutan hutan primer, hutan sekunder, perbukitan dan juga dataran rendah.

Untuk makanan burung hantu putih ini sama saja dengan jenis yang lainnya yaitu tikus putih, kelinci, ataupun ayam.

Harga Burung Hantu Javan Owlet atau beluk watu jawa ini berkisar antara 300 – 750rb/ekornnya.

9. Jenis Burung Hantu Oriental Bay Owl

Serak Bukit atau dikenal juga dengan burung hantu Oriental Bay Owl adalah burung yang dikenal mirip sekali dengan ular sendok.

Ciri ciri burung hantu Oriental Bay Owl ini memiliki warna cokelat kemerahan, dengan bintik hitam dan putih.

Selain itu Burung hantu obay ini memiliki ciri khas wajah yang cukup unik yaitu memiliki wajah yang hampir membentuk huruf V dari mulai paruh hingga bagian atasnnya.

Burung hantu jenis ini termasuk jenis burung hantu kecil karena hanya dapat tumbuh sampai dengan ukuran 30cm saja.

Makanan burung hantu obay ini sama saja dengan spesies yang lainnya seperti burung kecil, tikus dll.

Harga Burung hantu Oriental Bay Owl ini atau harga burung hantu obay berkisar dari muali 250 – 1jt/ekornnya.

10. Jenis Burung Hantu Serak Minahasa

Masih satu keluarga dengan burung hantu Strix Seloputo, burung hantu pare david ini bisa kita temukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Burung asli endemix pulau sulawesi ini kini populasinya semakin menurun tiap tahunnya, maka tak heran apabilab burung hantu serak minahasa ini termasuk kedalam jenis burung hantu yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Itu adalah beberapa jenis jenis burung hantu di dunia yang bisa kita temukan di Indonesia.

Beberapa dari jenis diatas dapat di pelihara namun ada juga yang di Lindungi oleh pemerintah Indonesia.

Bagi kamu yang ingn merawat atau memelihara salah satu dari spesies burung hantu diatas jangan lupa pahamai dulu makanan dari burung hantu ya, ini penjelasannya.

Baca Juga : 5 Ciri Perkutut Berkhodam & Bertuah yang Perlu anda Ketahui

Apa Makanan Burung Hantu ?

Banyak mungkin yang bertannya mengenai apakah makanan burung hantu dialam liar ? sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnnya, burung hantu ia sebagaimana burung elang dan burung pemangsa lainnya, burung ini adalah salah satu burung pemakan daging atau karnivora.

Jadi Makanan utama dari burung hantu ini adalah hewan hewan kecil, seperti burung, tikus, tupai, dll.

Dan sebagai informasi tambahan berikut kami juga akan tampilkan beberapa rekomendasi jenis makanan burung hantu, yang mungkin bisa dijadikan referensi dalam memberikan makanan keburung hantu.

Baik untuk makanan burung hantu kecil atau burung hantu yang sudah dewasa.

1. Tupai

2. Kelinci

3. Kelelawar

4. Tikus Putih

5. Belalang

6. Ayam

7. Burung Puyuh

8. Kumbang

9. Ngengat

10. Burung Kecil

Itulah beberapa referensi makanan burung hantu yang bisa kamu berikan kepada burung hantu peliharaan kamu.

Tikus Putih menjadi salah satu makanan burung hantu anakan yang sangat digemari, selain itu tikus putih juga menjadi makanan burung hantu agar cepat besar.

Saat ini sudah banyak yang menjual makanan burung hantu, baik untuk makanan burung hantu yang masih kecil atau juga yang sudah dewasa.

Baca Juga : Burung Tuwu | Ciri-ciri, Suara Burung, Hingga Misteri di Masyarakat!


Daftar Harga Burung Hantu

Meskipun sudah kami berikan beberapa informasi mengenai jenis dan harga burung hantu diatas, berikut kami juga akan memberikan beberapa informasi harga burung hantu dalam bentuk tabel.

Semoga daftar harga berikut ini dapat lebih memudahkan anda dalam mencari tahu berapa harga burung hantu.

Berikut adalah beberapa daftar harga burung hantu 2022 Terbaru

No.Jenis Burung HantuHarga Burung Hantu
1.Harga Burung hantu celepuk anakanRp50.000 sd Rp350.000/ekor
2.Harga Burung Hantu Jinak Tyto AlbaRp1jt sd 2,5jt/ekor
3.Harga Burung Hantu AlbinoRp350.000/ekor
4.Harga Burung hantu putih besarRp440.000 – 1,5jt/ekor
5.Harga Burung hantu putih AnakanRp200.000/ekor
6.Harga Burung Hantu Celepuk PutihRp350.000/ekor
7.Bubo Sumatranus (brancer)Rp1,2jt sd 2,5jt/ekor
8.Harga Burung Hantu LokalRp250.000 sd Rp400.000/ekor
9.Bubo Sumatranus (brancer)Rp2.776.000/ekor
10.Burung Hantu Strix Seloputo (brancer)Rp900.000-2,5jt/ekor

Catatan : Harga diatas adalah harga yang kami ambil dari beberapa referensi ecommers yang ada di Indonesia, apabila terdapat perbedaan di daerah kami mohon maaf

Untuk anda yang tinggal di jakarta dan sekitannya, kami rekomendasikan jika ingin membeli burung hantu, bisa datang ke pasar jatinegara jakarta.

Karena Harga burung hantu di jatinegara jakarta masih lebih terjangkau dibanding tempat lain, pilihannya jenisnnya juga sangat banyak.

Baca Juga : Jenis & Harga Burung Sirtu Terbaru 2022 Lengkap dengan Tabel


Download Suara Burung Hantu Mp3

Karena mitos yang berkembang mengenai burung hantu, maka apabila terdengar suara burung hantu maka banyak yang bertanya mengenai pertanda apakah ini.

Contoh, suara burung hantu di malam hari pertanda apa ? atau terdengar suara burung hantu pertanda apakah itu ?

Maka kami jelaskan sekali lagi, tidak ada kaitannya hubungannya suara burung hantu dengan segala sesuatu yang akan terjadi, terlebih apabila suara burung hantu dikaitkan dengan hal hal yang baik contohnya sebagai pertanda hamil atau yang lainnya.

Untuk menepis omongan tersebut, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai suara burung hantu, baik suara burung hantu jawa, suara burung hantu celepuk atau jenis yang lainnya.

List Daftar Suara Burung Hantu Mp3

Suara Burung Hantu Tyto Alba

Suara Burung Hantu Celepuk

Suara Burung Hantu di Malam Hari

Suara Burung Hantu Seram

Itulah beberapa informasi suara burung hantu yang bisa kalian download, semoga dengan sering mendengar suara burung hantu mitos mitos yang berkaitan dengan burung hantu bisa sedikit menurun.

Semoga informasi mengenai burung hantu diatas bisa menambah referensi kamu ya mengenai burung hantu, demikan terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.