5 Klasifikasi Burung Merpati Paling Banyak di Indonesia.

5 Klasifikasi Burung Merpati Paling Banyak di Indonesia.

Burung merpati merupakan burung yang begitu terkenal di seluruh dunia, burung yang memiliki lebih dari 300 spesies ini memang menjadi burung ikonik disetiap negara.

Bahkan di Indonesia sendiri burung merpati menjadi burung yang banyak di minati masyarakat, tidak hanya menjadi burung hias, melainkan menjadi makanan atau perlombaan yang menarik.

Dan berikut, jenis jenis burung merpati yang paling banyak di Indonesia.

Klasifikasi Burung Merpati di Indonesia

Klasifikasi burung merpati ini akan memudahkan anda untuk mengetahui jenis burung merpati sebelum anda terjun untuk membudidayakan burung merpati.

1. Merpati Balap

Burung Merpati masuk kedalam salah satu burung pintar.

Contohnya jenis burung merpati balap ini, burung merpati balap adalah salah satu burung hasil pembiakan yang dilakukan secara khusus agar mampu terbang dengan cepat dan tinggi.

Merpati Balap ini memiliki kelebihan lain dibanding merpati yang lainnya, salah satunnya adalah burung merpati balap ini mampu mengenali pasangan, pemilik dan pelatihnya dari jarak jauh.

Selain itu di Indonesia sendiri, merpati balap sering dijadikan ajang perlombaan yang bergengsi.

2. Merpati Pos

Merpati Pos dikenal dengan Lambang Cinta bahkan hingga menjadi kurir rahasia raja raja di masa lalu.

Merpati Pos berbeda dengan merpati balap, karena merpati ini memang dilatih khusus untuk mengantarkan surat atau berita dimasa lalu dengan waktu yang singkat.

Bahkan merpati pos ini tidak hanya asal diberikan makanan melainkan merpati pos ini diberikan makanan khusus berupa kalium, karbonat dan minyak ikan yang tujuannya agar merpati ini semakin memiliki daya ingat yang kuat.

3. Merpati Kolong

Merpati Kolong adalah burung merpati yang mampu terbang kurang lebih 1-2 km, kemudian kembali mendarat dengan melewati sebuah kotak dan hinggap dimeja yang telah disediakan.

Berbeda dengan 2 merpati sebelumnya, yaitu merpati balap dan merpati pos kalau merpati kolong ini adalah sebutan merpati yang biasa digunakan untuk perlombaan burung merpati kolong meja.

Namun karena antusias yang begitu besar, membuat merpati yang digunakan dalam perlombaan disebut dikenal dengan merpati kolong.

Perlombaan merpati kolong sendiri merupakan perlombaan burung merpati yang paling banyak dicari, bahkan hadiah yang didapat dari perlombaan burung merpati kolong ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. sangat menggiurkan.

4. Merpati Hias

Merpati Hias merupakan keluarga dari jenis variates merpati karang yang kemudian dijinakkan.

Burung merpati hias ini kemudian dibiakan oleh para peternak burung hias khususnya burung merpati, hingga akhirnnya kini banyak pameran burung merpati hias yang bisa anda temukan di Indonesia.

Di dunia kurang lebih terdapat sekitar 500 spesies burung merpati hias. luar biasa.

5. Merpati Pedaging

Berbeda dengan 4 merpati diatas yang dimana merpati ini tidak digunakan sebagai hiasan atau perlombaan. Melainkan merpati ini digunakan sebagai makanan yang lezat dan nikmat.

Burung merpati pedaging ini banyak diternakan di Indonesia, karena burung merpati pedaging ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih dibandingkan dengan daging ayam.

Selain itu daging burung merpati ini memiliki banyak sekali vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

Baca Juga : 10 Nama Burung Merpati Paling Membawa Hoki (Coba Saja)

Itulah 5 Jenis merpati yang paling dikenal di Indonesia. semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.