4 Jenis Merpati Balap Terbaik di Indonesia

4 Jenis Merpati Balap Terbaik di Indonesia

Sebagaimana yang kita tahu, merpati balap merupakan burung merpati hasil pembiakan yang kemudian dilatih agar mampu terbang lebih cepat dan memiliki instink yang lebih kuat dibanding merpati pada biasannya.

Merpati Balap ini mulai terkenal di Indonesia, karena kerap diikutsertakan dalam berbagai ajang perlombaan/

Dan hal inilah yang menjadikan burung merpati balap, menjadi primadona di Indonesia.

Sebenarnnya ada berapa si jenis merpati balap yang ada di Indonesia ? berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Merpati Balap di Indonesia

Jenis jenis merpati balap di Indonesia berikut ini bisa menjadi pilihan bagi kamu sebelum memilih untuk membeli merpati balap.

Tipe Terbang

Merpati balap dibedakan dalam beberapa jenis, yang pertama adalah merpati balap berdasarkan tipe terbangnya, yaitu

  • Full Wing

Merpati Balap Full Wing adalah merpati yang paling dicari dan menjadi incaran para pecinta merpati.

Karena merpati ini selain mampu terbang dengan tinggi dan cepat, merpati ini ketika mengepakan sayapnya bisa tertutup sempurna dan ini yang menjadikan merpati full wing menjadi salah satu merpati balap termahal di Indonesia.

  • Tipe 3/4

Merpati Balap 3/4 berada dibawah merpati full wing, apabila merpati full wing dapat menutup sempurna ketika mengepakan sayap, merpati 3/4 ini hanya separuhnya saja.

Namun bukan berarti merpati balap dengan tipe 3/4 tidak digemari, melainkan digemari pada kelasnya masing masing.

  • Tipe 1/2

Merpati Balap Tipe 1/2 merupakan merpati dengan kemampuan terbang yang setengah-setengah apabila dibandingkan dengan merpati balap yang lainnya.

Merpati jenis ini sangat jarang di ikutkan dalam perlombaan merpati balap, karena merpati ini biasannya hanya membuka setengah dari sayapnya saat terbang dan hal ini yang membuatnya tidak bisa terbang dengan cepat.

Baca Juga : 5 Hal yang bisa kamu lakukan agar burung merpati ngga gampang sakit!


Tipe Langkah Merpati

Merpati memiliki langkah yang berbeda beda, hal ini yang juga membedakan antara merpati balap dengan langkah satu dan merpati balap dengan langkah yang lainnya,

  • Langkah Panjang (Satu-satu)

Burung merpati langkah panjang ini sangat cocok dan ideal digunakan pada perlombaan burung merpati balap jarak 1000meter.

Kenapa ?

Karena merpati ini memiliki lompatan atau langkah yang panjang, selain itu merpati ini juga memiliki kepakan sayap yang panjang.

  • Langkah Rapat (Rapid)

Burung merpati yang ideal di lombakan pada jarak 500meter ini memikiki keunikan yang tidak dimiliki oleh merpati jenis lain.

Merpati balap jenis ini meskipun memiliki langkah yang rapat rapat, namun dapat mengepakan sayapnya dengan cepat. Bahkan merpati balap jenis ini merupakan salah satu merpati yang sangat keras kepala, dan selalu ngotot untuk bisa menjadi juara ketika ditandingkan dalam perlombaan.

  • Merpati Kombinasi (Hybrid)

Salah satu merpati balap termahal yang bisa anda miliki adalah merpati hybrid ini.

Jenis burung merpati yang menjadi primadona para pecinta burung merpati ini, memiliki langkah kaki yang panjang dengan kepakan sayap yang lebar. Selain itu merpati ini juga salah satu merpati yang keras kepala dan selalu berusaha ingin menang dalam setiap perlombaan.

Baca Juga : 7 Warna Burung Merpati Paling Indah dan Banyak dicari!


Tipe Jalur Balap

Merpati jalur balap adalah jenis merpati yang dibedakan dari jalur perlombaan yang ia ikuti, diantarannya ;

  • Jalur Atas

Merpati jalur atas ini adalah merpati yang mampu terbang sangat tinggi, dan saat hendak mendaratpun merpati ini akan menukik tajam agar bisa memenangkan perlombaan.

Untuk bisa memilih merpati jalur atas yang baik, kamu bisa membaca artikel mengenai ciri sayap merpati juara yang bisa kamu dapatkan.

  • Jalur Tanggung

Merpati balap jalur menengah ini berbeda dengan merpati balap jalur tinggi, merpati ini biasannya tidak mampu terbang setinggi merpati jalur atas.

Bahkan biasannya merpati ini lebih sering terbang rendah, dengan kepakan sayap yang cepat.

  • Jalur Bawah

Merpati Jalur Bawah merupakan merpati yang sering digunakan dalam perlombaan burung merpati balap sprint.

Jarak lomba merpati balap sprint ini juga cenderung lebih pendek dibanding merpati jalur tinggi, jenis perlombaan merpati jalur bawah ini juga menjadi salah satu jenis burung merpati yang banyak diminati oleh para pecinta burung merpati di Indonesia.

  • Jalur L (kombinasi)

Masuk kedalam deretan salah satu burung merpati balap termahal yang bisa kamu dapatkan.

Jenis merpati ini mampu terbang dengan tinggi apabila baru dilepaskan, dan apabila hendak sampai pada pawangnya, merpati ini akan terbang rendah dan melakukan sprint sampai ke pawangnya.

Perlombaan merpati jenis ini juga menjadi perlombaan yang banyak di nanti oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : 7 Makanan Merpati Ini, bisa bikin merpati jadi gemuk & sehat!


Tipe Masuk

Merpati balap jenis ini merupakan merpati yang dibedakan dari cara masuk ke arena balapnya, hal ini dibedakan menjadi 3 diantarannya,

  • Merpati Tembak (Nulup)

Merpati jenis ini sangat berbahaya ketika hendak turun ketika terbang, merpati jenis ini akan turun dengan menukik tajam dan tanpa mengurangi kecepatannya.

Maka dari itu dibutuhkan joki merpati yang memang terbiasa menurunkan jenis merpati tembak ini, apabila asal asalan hanya akan membuat merpati cidera bahkan mati dan juga melukai joki burung merpati tersebut.

  • Tembak Sedang (Rapid)

Merpati tembak sedang atau rapid ini tidak berbeda jauh dari merpati tembak (nulup) yang membedakan hanyalah ketika hendak melakukan pendaratan merpati ini akan mengurangi kecepatannya hingga sampai ke jokinya.

  • Tembak Halus

Merpati Jenis ini sangat cocok bagi anda yang baru mengikuti perlombaan burung merpati, karena burung merpati jenis ini memiliki kecepatan terbang yang relatif lebih lambat dibanding dengan jenis merpati yang lainnya.

Bahkan banyak yang mengakatan kalau merpati jenis ini saat terbang sama seperti orang berjalan antara satu titik ke titik yang lainnya begitu santai.

Itulah beberapa jenis merpati balap yang paling populer di Indonesia.

Merpati Balap ini berbeda dengan merpati hias , karena merpati balap ini dilihat bukan dari betapa cantik bulu atau tubuhnya, melainkan dari kecepatan atau penerbangan yang dilakukan, semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.