10 Merpati Hias Paling Mahal & Indah di Indonesia!

10 Merpati Hias Paling Mahal & Indah di Indonesia!

Merpati Hias merupakan merpati yang paling cantik diantara jenis merpati yang lainnya.

Merpati hias merupakan salah satu jenis merpati termahal dan memiliki lebih dari 300 spesies yang dimana masing masing dari spesies ini memiliki kelebihannya masing masing.

Dan di artikel ini, bosburung.com akan menjelaskan beberapa spesies saja dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing, ini penjelasannya.

Daftar Jenis Merpati Hias

Daftar Jenis Merpati Hias yang paling banyak di budidayakan di Indonesia.

1. Indian Fantail

Merpati Hias Indian Fantail merupakan merpati hias asal India, yang memiliki keindahan di ekor dan bulunya yang bercorak cerah dengan motif yang beraturan.

Spesies ini mulai dikenal sejak abad ke16, dan mulai dikembangkan pada tahun 1590.

Jenis Merpati Hias Indian Fantail ini juga masuk kederetan merpati hias termahal yang bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek sekitar 700ribu sampai 2juta rupiah per ekornya.

2. Holly Cropper

Merpati unik dengan dada membusung yang hanya di miliki oleh merpati Holly Cropper.

Merpati Hias yang dikembangkan di Belanda ini memang tidak begitu cantik apabila dibandingkan dengan jenis merpati hias yang lainnya.

Tetapi merpati jenis Holly Cropper ini memiliki bentuk tubuh yang unik sehingga masuk kederetan salah satu burung merpati paling indah yang ada di dunia.

3. Jacobin

Merpati Hias jenis Jacobin, merpati yang berasal dari India ini sering menjadi primadona para pecinta merpati hias, kenapa ?

Karena burung ini masuk kederetan salah satu merpati tercantik dengan bulu belakang yang rancung dan terlihat seperti mahkota.

Jenis merpati Jacobin ini juga menjadi salah satu merpati termahal dengan harga per ekornya sekitar 700ribu.

4. Bokhara Trumpeter

Merpati Hias Bokhara Trumpeter merpati dengan harga 3juta/ekor

Merpati Hias yang satu ini berasal dari uzbekistan, dan mulai di kembangkan di Amerika Serikat, bahkan jenis merpati Bokhara Trumpeter ini masuk kedalam breeds populer di Amerika Serikat dan menempati urutan ke 8.

5. Budapest Tumbler

Merpati Hias Budapest Tumbler, atau dikenal dengan burung merpati hungaria, karena memang asal dari merpati Budapest Tumbler ini dari Hungaria.

Burung Merpati Hias Budapest Tumbler ini menjadi primadona dikalangan para pecinta burung merpati, bahkan tak sedikit orang yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan satu ekor dari burung merpati jenis Budapest Tumbler ini.

6. English Carrier

Burung Merpati Jenis Carrier ini menjadi burung paling ditakuti di Inggris. kenapa ?

Karena burung merpati yang satu ini di anggap breeds gagal, karena melihat segi muka dari jenis burung merpati Carrier yang terdapat benjolan.

Namun hal ini bukan menjadi hal yang menakutkan bagi para pecinta merpati hias, bahkan untuk mendapatkan satu ekor dari merpati hias Carrier ini anda perlu merogoh kocek hingga 3juta rupiah/ekornya.

7. Maltese Pigeon

Masuk ke diurutan nomor 7 pada tulisan bosburung kali ini, Maltese Pigeon menjadi merpati paling membingungkan.

Ketika kami membaca referensi dari merpati Maltese Pigeon ini kami dikejutkan dengan harga perekor dari jenis merpati Maltese ini, dimana anda perlu merogoh kocek hingga 400USD/6juta rupiah untuk mendapatkan 1 ekor dari burung merpati jenis Maltese ini.

Mantaps…

Apabila di bandingkan dengan jenis yang lainnya, merpati ini jauh kalah cantik, tetapi ketika tim kami bertanya apa yang membuat mahal dari burung merpati hias jenis ini, jawabannya adalah karena merpati jenis Maltese ini memiliki kaki yang lebih tinggi dan dada yang begitu besar dibandingkan dengan jenis merpati yang lainnya.

Dan bagi para pecinta burung hias, merpati jenis ini sangat langka dan sulit untuk ditemukan.

8. Gazzi Modena

Dari namannya kita bisa mengetahui bahwa asal dari merpati hias jenis ini adalah dari modena, italia.

Merpati jenis ini Modena ini bisa tumbuhhingga 40cm dan berat hingga 500gram.

Merpati yang banyak dipelihara oleh masyarakat italia pada abad ke 13 ini selain memiliki tubuh yang cantik dan warna yang indah, merpati ini juga bisa digunakan sebagai merpati pos, atau merpati pengantar pesan.

Harga perekor dari merpati hias yang satu ini sekiat 2,5 juta per ekornnya.

9. Scandaroon Pigeon

Merpati jenis Scandaroon Pigeon ini sekilas mirip dengan merpati pada biasannya, namun apabila kita lihat secara mendetail maka kita bisa melihat perbedaan di leher dan ekornnya, dimana leher dan ekornnya memiliki corak seperti sapi yaitu belang belang.

Harga perekor dari merpati hias jenis Scandaroon Pigeon ini sekitar 4,8juta rupiah.

10. De Liege

Merpati De Liege merupakan merpati yang berasal dari perancis.

Merpati hias jenis De Liege ini menjadi salah satu merpati hias termurah yang bisa kamu dapatkan di Indonesia.

Harga merpati hias jenis De Liege ini hanya sekitar 200ribu/ekornya.

Selain memiliki bulu yang indah, merpati jenis De Liege ini juga sering digunakan sebagai merpati pos pada jaman dahulu.

Baca Juga : Klasifikasi Jenis Merpati yang Paling Banyak di Indonesia, (simak penjelasannya)

10 Jenis Merpati Hias dengan kelebihannya masing masing, kami tidak mengulas semua jenis merpati hias, karena menurut kami yang paling terkenal dan banyak dibudidayakan di Indonesia hanya 10 jenis merpati tersebut.

Adapun jenis merpati hias yang lainnya, yang ternyata sudah mulai banyak pula dikembangkan di Indonesia dan belum tercantum di daftar jenis merpati hias diatas, bisa langsung menghubungi kontak admin dari bosburung, di beranda bawah. semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.