5 Makanan Burung Cucak Ijo yang Baik dan Berkualitas biar Gacor!

5 Makanan Burung Cucak Ijo yang Baik dan Berkualitas biar Gacor!

Burung Cucak Ijo memiliki bulu dominan berwarna hijau yang dipadukan dengan warna hitam. Di alam liar, makanan burung Cucok Ijo termasuk dalam pemakan serangga atau Insektivora, dan beberapa jenis buah-buahan serta nektar.

Cucok ijo termasuk dalam jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan lantang. Burung ini termasuk dalam burung yang susah dicari karena keberadaannya di alam liar sudah semakin sedikit, bahkan hampir mendekati kepunahan.

Makanan Burung Cucok Ijo Terbaik

Berikut ini pilihan makanan burung cucak ijo supaya gacor nyaring dan merdu yang bisa diberikan saat dipelihara di rumah.

1. Voer

Umumnya burung kicau peliharaan mengonsumsi Voer sebagai makanan utamanya. Voer bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko hewan atau toko pakan burung. Kini ada banyak jenis Voer yang bisa ditemukan.

Untuk pembeliannya, kamu perlu mengetahui komposisi Voer mana yang dapat memenuhi nutrisi burung Cucok ijo supaya dapat tumbuh sehat dan dapat berkicau merdu.

Selain itu, dibanding dengan makanan jenis lain, Voer dapat lebih tahan lama dan bisa disimpan karena berbentuk kering. Kamu dapat menambahkan Voer pada buah-buahan pakan burung ini.

2. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan burung Cucak Ijo Mini. Burung ini berhabitat di pepohonan, itulah mengapa burung ini juga menyukai buah-buahan.

Selain itu, buah juga mengandung banyak vitamin dan serat yang tinggi yang memang dibutuhkan bagi kesehatan burung.

Jenis buah yang biasa dikonsumsi burung ini adalah jenis beri-berian dan buah Ceri.

Namun, kamu juga dapat memberikan buah-buahan lain yang bertekstur lunak seperti, Pisang, Apel, Pir, Pepaya, Melon, Jeruk, dan banyak lagi.

Sebelum diberikan sebaiknya bersihkan buah hingga bersih agar dapat menghilangkan buah dari berbagai bahan kimia yang biasanya disemprotkan dan menempel pada kulit buah.

Bahkan untuk lebih amannya, kamu dapat mengupas buah agar burung aman.

3. Sayur-sayuran

Sayuran merupakan makanan burung cucak ijo trotol yang kaya vitamin dan mineral. Seperti, Sawi atau Selada yang memiliki kadar kandungan air yang tinggi.

Dengan begitu akan menjaga burung dari dehidrasi dan membuat tubuh burung selalu bugar.

Berikan juga pakan berupa Mentimun, atau Tomat. Sayur-sayuran tersebut dapat dijadikan extra fooding untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan burung agar memiliki tubuh yang segar.


Makanan Burung Lain :

  1. Makanan Burung Trucukan
  2. Makanan Burung Emprit
  3. Makanan Burung Kutilang 
  4. Makanan Burung Merpati
  5. Makanan Burung Nuri
  6. Makanan Burung Gelatik
  7. Makanan Burung Tekukur
  8. Makanan Burung Kenari
  9. Makanan Burung Puyuh

4. Serangga

Serangga merupakan makanan burung Cucak Ijo agar cepat gacor. Saat dipelihara di rumahan serangga lebih banyak dijadikan sebagai extra fooding.

Pasalnya, nutrisi lain biasanya sudah bisa dilengkapi oleh Voer, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang diberikan setiap hari.

Selain itu, mengonsumsi serangga secara berlebihan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan pada burung.

Hal ini dikarenakan serangga mengandung lemak yang tinggi. beberapa jenis serangga yang dapat diberikan yaitu, jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu, dan kroto. Serangga-serangga ini dapat dengan mudah ditemukan di toko pakan burung terdekat.

Kelebihan lain dari pemberian serangga adalah dapat meningkatkan stamina dan membuat burung menjadi lebih gacor dan kicau terus-menerus.

5. Nektar

Makanan lain yang biasa dikonsumsi burung Cucok ijo di alam liar yaitu nektar. Nektar adalah cairan manis yang dapat ditemukan di putik bunga. Paruh Cucok ijo yang panjang, lancip dan bengkok membuatnya mudah mendapatkan nektar.

Namun, pakan satu ini tentunya lebih sulit didapatkan karena tidak dapat dengan mudah ditemukan. Selain itu, pakan satu ini juga tidak dijual dengan bebas. Karena memang biasanya burung Cucok sendiri yang memilihnya secara langsung.

Namun untuk pemelihara burung Cucok ijo dapat menggantinya dengan airan alternatif yaitu larutan air gula dengan perbandingan 1:4.

6. Biji-bijian

Kamu juga dapat memberikan burung Cucok ijo jenis biji-bijian seperti, Millet Putih, Millet Merah, Sorgum, Jewawut atau Gabah.

Makanan-makanan ini biasa dijadikan sebagai pakan burung ketika di alam liar. Biji-bijian merupakan jenis makanan burung Cucak Ijo biar gacor dengan keras dan nyaring.

Itulah daftar jenis-jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh burung Cucok ijo. Untuk burung Cucok ijo peliharaan, sebaiknya berikan Voer sebagai pakan utama.

Sementara untuk jenis pakan yang lain, kamu dapat menjadikannya extra fooding atau makanan tambahan burung.

Semua jenis makanan yang telah disebutkan tadi mengandung beragam vitamin serta nutrisi yangbaik untuk kesehatan burung dan kicauan merdu burung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.