6 Makanan Burung Emprit & Lolohan Terbaik dan Berkualitas

6 Makanan Burung Emprit & Lolohan Terbaik dan Berkualitas

Selain kebersihan burung dan kandang, makanan menjadi hal yang paling penting dalam memelihara burung Emprit.

Pemberian pakan dapat mempengaruhi kualitas burung Emprit. Untuk itu, pakan yang diberikan harus dapat memenuhi nutrisi burung Emprit dengan cukup.

Dari makanan selain dapat memperoleh badan yang sehat, bulu burung juga akan terlihat lebih bersih dan indah.

Begitu pula dengan suara kicaunya, yang akan terdengar lebih lantang dan merdu. Untuk itu, pemilik burung harus tahu makanan burung Emprit yang bagus.

Makanan Burung Emprit Terbaik

Apa makanan burung emprit? ternyata jenis pakannya sangat bervariasi. Yuk, ketahui lebih detailnya dalam ulasan di bawah ini.

1. Jenis Biji-Bijian

Burung Emprit atau yang dikenal juga dengan nama burung Pipit ini merupakan jenis burung hama yang sering memakan padi-padian dihabitat aslinya. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa pakan utama burung Emprit adalah jenis biji-bijian.

Untuk pemelihara burung Emprit sendiri dapat mengganti padi dengan Millet atau biji Kenari. Karena kedua jenis biji-bijian tersebut juga sangat disukai oleh burung Emprit. Dengan begitu, keduanya bisa dikonsumsi sehari-hari.

Namun untuk pemberian millet disarankan berikan Millet yang masih bertangkai. Hal ini dipercaya Millet akan lebih memberikan nutrisi yang penting untuk burung.

Yang perlu diperhatikan pemelihara dalam memberi pakan jenis biji-bijian bulir-bulir beras yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu agar menjadi bulir-bulir kecil.

Ini karena, bulir beras memiliki ukuran yang cukup besar yang dapat membahayakan burung.

Simak artikel berikut, Burung Mantenan Gacor | Harga, Ciri-ciri & Jenisnya

2. Jenis Buah-buahan

Selain biji-bijian, buah juga menjadi makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi burung Emprit. Buah-buahan yang biasa dikonsumsi burung Pipit dialam luar adalah Apel, Anggur, Jeruk, Peach, Pisang, Pir, Semangka, Mangga, Pepaya, dan Nanas.

Namun biasanya burung ini lebih menyukai buah-buahan yang sudah dikeringkan. Tapi perlu diingat, jenis buah-buahan hanya dapat dijadikan sebakan extra food karena makanan utama

Burung ini adalah jenis biji-bijian.Jadi, kamu hanya perlu memberinya buah-buahan setiap 2-3 kali seminggu.

3. Jenis Beri-berian

Beri-berian menajadi pakan berikutnya yang mudah ditemukan burung Pipit di alam liar. Sehingga tidak heran, jika beri-berian termasuk dalam makanan yang dapat dikonsumsi burung imut ini.

Namun, ada pula beberapa burung Pipit yang tidak terbiasa memakan jenis beri-berian, untuk itu diperlukan perhatian khusus dari pemelihara saat memberi makan jenis beri-berian.

Jenis beri-berian yang dapat diberikan antara lain, Strawberry, Blackberry, Blueberry, Rashberry, dan Cranberry.

Sebelum memberikan beri sebaiknya bersihkan dan potong beri menjadi kecil-kecil agar burung tidak kesusahan saat memakannya.

Baca Juga : Jenis & Harga Burung Sirtu Terbaru 2022 Lengkap dengan Tabel

4. Sayur-sayuran

Makanan burung Emprit Jepang yaitu sayur-sayuran segar. Jenis sayur yang dapat dimakan burung Emprit adalah Bayam, Brokoli, Kentang, Peterseli, Selada, Selada Mustard, Seledri, Tomat, Dan Wortel, Kubis, Zucchini.

Kamu bisa memberikan sayur-sayuran sebagai makanan pendamping, karena sayur memiliki kandungan serat yang tinggi, selain itu terdapat pula Zat Besi, Fosfor, Kalium, Selenium, Magnesium, dan Vitamin lainnya yang akan berdampak bagus untuk tubuh burung Emprit.

Namun perlu diingat kembali bahwa, tidak semua burung dari habitat yang sama. Untuk itu saat pemberian pakan kamu harus memperhatikan apakah burung menikmatinya atau tidak.

5. Serangga Kecil

Makanan burung emprit gantil yaitu serangga-serangga kecil seperti, Ulat, Telur Semut, Semut, Tawon, Cacing, dan Jangkrik.

Meski bukan termasuk dalam makanan utama burung Emprit namun kandungan dalam serangga-serangga tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung.

Tidak semua jenis burung Emprit menyukai serangga, hanya ada beberapa jenis burung Emprit yang menyukai makanan ini. Seperti, Waxbill, Lady Gouldia, Dan Owl. Untuk itu, pemelihara perlu memerhatikan dengan cermat.

6. Pellet

Untuk pemelihara yang memiliki waktu sedikit dapat memberikan Pellet sebagai makanan burung Emprit Kaji.

Namun untuk pemberiannya harus dilakukan secara bertahap, karena perlu diingat bahwa makanan utama burung Pipit ini adalah jenis biji-bijian.


Makanan Burung Lain Biar Gacor


Makanan Burung Emprit Anakan

Sementara itu, untuk makanan burung emprit kecil dapat memberikan bubur bayi yang telah dilarutkan.

Usahakan pemberian makanan burung emprit kaji anakan dengan komposisi dasar biji-bijian. Caranya, kamu dapat melarutkan bubur dengan air hangat 480 celcius.

Buat bubur dengan encer, kemudian suntikkan dengan alat spet atau beri secara langsung sedikit demi sedikit. Setelah berusia 5 hari, kamu dapat membuat bubur lolohan yang lebih kental. Karena pada usia ini burung sudah mulai dapat berlatih untuk makan sendiri.

Usahakan setiap waktu pemberian makan, berikan larutan bubur yang baru agar burung tetap terjaga kesehatannya.

Untuk waktu pemberian pakan burung Pipit kecil berikut ini penjelasannya.

  • Usia 1 hari, diberikan setiap 1 jam sekali (pagi sampai sore) dan 3 jam sekali (maghrib sampai subuh).
  • Usia 2 hari, diberikan setiap 1 jam sekali (pagi sampai sore) dan 4 jam sekali (maghrib sampai subuh).
  • Usia 3 – 5 hari, diberikan setiap 1 jam 30 menit sekali (pagi sampai sore) dan 4 jam sekali (maghrib sampai subuh).
  • Usia 5 hari sampai mandiri, diberikan setiap 2-3 jam sekali (pagi sampai sore) dan 6 jam sekali (maghrib sampai subuh).

Itulah informasi seputar makanan burung Emprit yang dapat menjaga stamina dan kicauan burung Emprit.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.