6 Makanan Burung Kutilang Terbaik dan Berkualitas

6 Makanan Burung Kutilang Terbaik dan Berkualitas

Sejak masih anakan, penting untuk mengetahui jenis makanan burung Kutilang agar segera cepat gacor.

Kutilang dengan nama ilmiah Pycnonotus aurigaster sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung. Untuk teknik perawatan kutilang juga cukup mudah bagi para pemula.

Jika, kamu sudah memilih pakan yang tepat maka burung Kutilang juga dapat menghasilkan suara kicau ngekek panjang dan gacor.

Makanan Utama Burung Kutilang

Apa makanan burung kutilang? Burung ini termasuk jenis ominivora sehingga jenis pakan yang diberikan berupa makanan yang tersedia di alam liar.

Seperti buah-buahan, biji-bijian, dan serangga. Secara umum, jenis makanan burung Kutilang untuk anakan sama dengan Kutilang dewasa.

Hanya saja, jenis pakan untuk anakan kutilang mempunyai perawatan harian dengan penangan dan teknik khusus. Berikut ini makanan burung Kutilang yang berkualitas agar cepat gacor.

1. Pepaya

Pepaya merupakan makanan burung kutilang sutra yang mempunyai tekstur lunak sehingga burung Kutilang senang mengkonsumsinya.

Buah pepaya mengandung nutrisi mineral, air, dan vitamin. Jenis buah yang satu ini, mudah dijumpai di berbagai musim baik musim hujan maupun kemarau.

Cara memberikan buah pepaya untuk burung Kutilang yaitu silahkan potong buah pepaya dengan ukuran kecil-kecil.

Silahkan, buang biji pepayanya karena memang tidak disukai oleh burung Kutilang.

Tetapi, pepaya memang membuat kandang cepat kotor sehingga sebaiknya lakukan pembersihan kandang secara rutin.

Selain pepaya, ini juga 7 Makanan Burung Gelatik Cepat Gacor & Perawatannya

2. Pisang

Berikutnya, makanan burung kutilang emas yaitu pisang karena teksturenya halus sehingga mudah untuk dicerna.

Buah ini mempunyai kandungan nutrisi mineral dan vitamin untuk menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh burung Kutilang.

Jenis pakan pisang yang sebaiknya diberikan untuk Kutilang yaitu pisang kepok. Banyak pecinta burung meyakini pisang kepok dapat meningkatkan kualitas kicauannya.

Pilihlah pisang kepok yang sudah matang agar daging pisangnya memang sudah lunak. Jika belum matang maka kualitas teksturenya keras sehingga kurang disukai Kutilang.

Tidak hanya untuk kutilang, pisang juga baik untuk burung prenjak, dan berikut 5 Rekomendasi Makanan Burung Prenjak Terbaik

3. Serangga

Serangga merupakan makanan burung kutilang dewasa karena teksturenya yang kering sudah mudah ditelan.

Serangga adalah pakan dengan kandungan tinggi protein yang dapat digunakan untuk menambah stamina burung kicau.

Dengan begitu maka burung Kutilang suaranya akan mudah gacor dengan suara keras dan lantang.

Di alam liar, burung Kutilang dapat mengkonsumsi jenis serangga yang ada di alam seperti ulat, belalang, jangkrik, kupu-kupu, dan lainnya.

Sementara, untuk jenis pakan burung Kutilang peliharaan maka bisa diberikan makan berupa jangkrik, kroto segar, dan ulat hongkong.

4. Pakan Pabrikan (Voer)

Jika kamu kesulitan menemukan makanan segar maka dapat memberikan pakan berupa serangga, buah-buahan, dan pakan pabrik berupa Voer.

Jenis makanan tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung Kutilang.

Beberapa jenis Voer untuk burung Kutilang terdapat varian ekstrak madu, buah-buahan, dan serangga.

Baca Juga : 5 Makanan Burung Tekukur Derkuku Gacor Rajin Bunyi!

5. Air Minum

Air minum harus selalu tersedia di kandang agar mencegah Kutilang menjadi dehidrasi sehingga dapat membantu memperlancar pencernaannya.

Bersihkan dan ganti wadah air minumnya setiap hari. Sebaiknya, wadah minum harus terjaga selalu kebersihannya agar terbebas dari risiko penyakit.

6. Vitamin Tambahan

Direkomendasikan kepada para pecinta burung Kutilang untuk memberikan vitamin tambahan agar nutrisinya terpenuhi.

Terutama saat akan mengikuti kontes. Vitamin tambahan dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh burung. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitas burung agar dapat gacor dengan lebih maksimal.


Makanan Burung Kutilang Anakan

Anakan burung Kutilang secara alami memperoleh pakan dari hasil lolohan yang diberikan oleh induknya.

Biasanya, jenis pakan dari indukan tersebut mempunyai tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dicerna. Memelihara Kutilang sejak anakan akan membuatnya lebih mudah gacor.

Jika, burung Kutilang dipisahkan dari ibunya maka kamu dapat memberikan makanan berupa campuran voer dengan air yang sudah dihaluskan menjadi bubur.

Kamu bisa menggunakan batang lidi dan sedotan untuk meloloh anakan Kutilang tersebut. Silahkan, lakukan cara memberikan pakan untuk Kutilang anakan seperti di bawah ini:

  • Campurkan bahan makanan berupa pur ayam dan air. Aduk dengan perbandingan 50:50 sehingga tidak terlalu padat dan encer.
  • Siapkan lidi atau sedotan aqua untuk memasukan pakan ke mulut burung.
  • Isi sedotan dengan isi makanan yang sudah dibuat.
  • Buka rongga mulut Kutilang anakan pelan-pelan karena mulutnya masih lunak.
  • Kemudian masukkan pakannya.
  • Setelah memberikan pakan maka jangan lupa untuk memberikan minum.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan Burung Nuri, Agar Sehat & Gacor!

Makan Burung Kutilang Biar Gacor

Berikut ini beberapa makanan burung Kutilang yang dapat membuatnya cepat gacor dengan nyaring:

1. Jangkrik

Makanan burung kutilang adalah serangga-serangga kecil. Jangkrik dapat membantu Kutilang untuk lebih cepat dalam pertumbuhannya dan membuat suara kicaunya lebih gacor. Kamu bisa memberikan pakan jangkrik 2 atau 3 ekor jangkrik dalam sehari. Pastikan, pemberian makanannya juga tidak monoton agar burung tidak bosan.

Jangkrik juga menjadi solusi untuk burung kicau yang sedang mengalami macet bunyi sehingga harus kamu harus sediakan jangkrik setiap hari untuk burung Kutilang.

2. Makanan Tambahan

Kamu juga disarankan memberikan makanan tambahan untuk burung Kutilang sebagai pelengkap nutrisi. Makanan tambahan yang dimaksud dapat berupa vitamin, jamu, dan juga voer khusus untuk burung. Tujuan pemberian makanan tersebut yaitu agar burung Kutilang lebih cepat gacor dan pertumbuhannya cepat.

3. Pemberian Air Minum

Tidak hanya memberikan makanan yang bernutrisi, agar Kutilang cepat gacor maka disarankan untuk memberikan air minum bersih sehingga suaranya semakin nyaring.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.