7 Makanan Burung Merpati Terbaik (Ngga Gampang Sakit)

7 Makanan Burung Merpati Terbaik (Ngga Gampang Sakit)

Burung merpati masuk kedalam salah satu keluarga burung berparuh atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan famili columbidae yang berasal dari merpati ordo columbiformes yang kurang lebih terdapat 300 spesies burung kerapat perkicau.

Merpati adalah panggilan secara umum burung tersebut, tetapi dikalangan kita banyak menyebut burung merpati ini dengan sebutan burung dara yang dimana burung merpati dan juga burung dara merupakan burung yang sama.

Meskipun merpati terbagi lebih dari 300 spesies tetapi pakan utama, atau makanan utama burung merpati ini ialah sama, yaitu burung pemakan biji-bijian.

Selain biji-bijian sebagai makanan pokok, ada juga jenis makanan lain yang dikonsumsi oleh merpati atau dara, mau tau apa makanan burung merpati ? ini penjelasannya.


Jenis Makanan Burung Merpati

Jenis-jenis makanan burung merpati yang bisa kamu berikan kepada burung merpati kesayangan kamu dirumah.

1. Biji-bijian

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, burung merpati masuk kedalam keluarga burung berparuh yang dimana makanan utama dari burung berparuh ini adalah biji-bijian.

Banyak sekali biji-bijian yang bisa kamu berikan kepada burung merpati yang kamu miliki, diantara makanan biji-bijian yang banyak digunakan untuk menjadi pakan merpati adalah,

  • Beras Merah

Beras Merah mengandung vitamin B1 dimana vitamin ini sangat baik untuk dikonsumsi burung merpati.

Vitamin B1 yang terkandung didalam beras merah dapat memperkuat organ, meningkatkan stamina burung, dan dapat dengan cepat mengembalikan energi burung apabila kelelahan, selain itu hargannya relatif murah dan mudah ditemukan di toko toko terdekat.

  • Jagung

Jagung bisa menjadi makanan pengganti beras merah, selain itu penggunaan pakan jagung untuk burung terlebih burung merpati juga bisa menjadikan burung semakin bertenaga.

Penggunaan pakan jagung untuk burung yang terbaik biasannya menggunakan jagung madura.

  • Kedelai

Kedelai memiliki banyak sekali manfaat diantaranya vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin A dan juga vitamin E.

Kandungan yang ada didalam kedelai sangat bermanfaat bagi burung merpati, terlebih bagi burung merpati balap, ya meskipun hargannya cukup tinggi dibanding kedua makanan diatas, tetapi untuk hasil yang didapat rasannya sangat rekomendasi.

  • Kacang Hijau

Kacang Hijau mengandung protein yang sangat tinggi, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan burung merpati.

Untuk memberi makan kepada burung merpati, anda bisa mencampur kacang hijau ini dengan biji bijian yang lain, atau bisa full dengan menggunakan kacang hijau.

  • Kacang Tanah

Kacang Tanah hargannya lebih terjangkau dibanding dengan kacang hijau, memiliki kandungan lemak yang cukup, vitamin A, B Kompleks, Vitamin K dan terdapat kandungan zat besi.

Jenis biji kacang tanah ini bisa kamu campur dengan jenis biji yang lain atau juga bisa dengan full menggunakan biji kacang tanah.

2. Buah dan Sayur Sayuran

Selain dengan menggunakan makanan biji-bijian pemberian pakan kepada burung merpati juga bisa dengan menggunakan buah atau sayur-sayuran.

Seperti sayur selada, kangkung, brokoli, atau wortel.

Hal ini bisa dilakukan dua hari sekali sebagai bentuk selingan makanan yang diberikan kepada burung merpati.

3. Makanan Manusia

Selain pemberian kedua makanan diatas, untuk memberi makan kepada merpati juga bisa dengan memberi makanan seperti halnya makananan manusia.

Apa yang kamu makan bisa digunakan juga untuk menjadi makanan burung merpati.

tapi…

Hindari pemberian makanan cepat saji kepada burung merpati, yang dimana hal ini akan membuat burung merpati bisa sakit atau mati.

4. Makanan Campuran / Grit

Selain biji-bijian atau buah dan sayur merpati juga bisa diberikan makanan campuran yang dibuat sendiri, tujuannya untuk menambah stamina burung merpati apabila hendak dilombakan.

Biasannya makanan campuran tersebut terdiri dari ;

  1. 45% => Kulit kerang yang dihancurkan
  2. 35% => Pecahan-pecahan kecil batu granit atau kapur
  3. 10% => Pecahan kecil dari arang kayu
  4. 5% => Tepung tulang
  5. 5% => Tepung kapur
  6. 4% => Garam
  7. 1% => Venetian Red

Pemberian pakan campuran diatas sangat berguna bagi burung merpati balap, dimana dengan pemberian makan diatas dapat meningkatkan stamina burung merpati.

5. Suplemen Khusus

Suplemen Khusus biasannya diberikan kepada burung merpati yang hendak bertanding, hanya pemberian suplemen khusus ini tidak rekomendasi kepada burung merpati yang tidak digunakan untuk bertanding.

Apabila penggunaan suplemen khusus bagi burung merpati yang tidak bertanding bisa membuat burung tersebut menjadi sakit, karena tidak terbiasa dengan penggunaan suplemen khusus.

6. Voer

Voer atau pelet bisa diberikan kepada burung merpati, penggunaan vour atau pelet tidak digunakan 100% sebagai pakan burung merpati melainkan cukup 15-20% saja.

Pemberian pakan vour ini hanya digunakan sebagai selingan sebagai pengganti biji-bijian, hal ini bagus digunakan selagi takarannya disesuaikan dengan umur dari burung merpati yang kamu miliki.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan kepada burung merpati yang kamu miliki.

Apabila kamu telah selesai memberikan makanan kepada burung merpati, simpanlah makanan tersebut ditempat penyimpanan yang tertutup, agar makanan tersebut tidak dicemari oleh ulat / semut semut. semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.