3 Jenis Makanan Burung Perkutut, Jangan Salah Pilih!

3 Jenis Makanan Burung Perkutut, Jangan Salah Pilih!

Burung perkutut menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak dipilih masyarakat untuk dipelihara. Perawatan yang mudah dengan kicauan yang berciri khas.

Berikan makanan burung Perkutut yang bervariasi dan berkualitas sehingga pertumbuhannya juga cepat dan bagus.

Namun, untuk dapat menghasilkan burung sehat dengan kicauan yang merdu, kamu harus mengetahui apa makanan burung perkutut yang dapat memberikan gizi cukup untuk burung perkutut.

Makanan Burung Perkutut yang Bagus

Untuk dapat menghasilkan burung perkutut yang sehat dan bersuara merdu, diperlukan makanan burung perkutut yang bagus seperti berikut:

Rekomendasi Makanan Burung Perkutut yg Bagus:

1. Milet

Milet makanan burung perkutut yang utama. Makanan ini sangat bagus dikonsumsi burung perkutut karena dapat memberikan energi besar.

Sayangnya, jika dikonsumsi secara berlebih dapat mengakibatkan burung kegemukan. Hal itu dapat mengakibatkan burung malas bergerak dan susah untuk berkicau.

Harga makanan burung perkutut ini tergantung dari milet yg digunakan, berkisar antara 21rb sd 35rb/kgnya.

2. Jewawut

Jewawut adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman semak yang menyerupai jagung. Biji-bijian ini mengandung protein yang sangat tinggi.

Sehingga dapat berakibat baik bagi pertumbuhan perkutut.

Jewawut juga bagus diberikan ketika perkutut sedang mengeram, karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan anakan perkutut nantinya.

3. Beras Merah

Beras merah dapat menjadi pilihan makanan yang bagus untuk perkutut, khususnya untuk perkutut yang sedang dalam masa kawin.

Kandungan beras merah dapat meningkatkan kesuburan perkutut.

Selain itu, pakan yang satu ini juga mengandung vitamin E dan B kompleks yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan burung.

Dan beras merah juga menjadi salah satu favorit makanan burung perkutut putih loh.

4. Ketan Hitam

Ketan Hitam dapat menjadi pilihan musim dingin atau musim hujan tiba. Makanan satu ini dapat menjaga suhu tubuh burung tetap hangat.

5. Kacang Hijau

Kacang Hijau menjadi salah satu jenis biji-bijian yang disukai perkutut.

Sebelum memberikan kacang hijau pada perkutut, kamu harus merendamnya terlebih dahulu selama 6-8 jam. Berikutnya dapat langsung melolongnya kedalam mulut perkutut.

Selain itu kacang hijau juga salah satu makanan burung perkutut supaya gacor dan sehar, karena banyaknya kandungan yang terdapat di kacang hijau.

6. Kencur

Kencur merupakan makanan burung Perkutut biar gacor bermanfaat untuk melegakan tenggorokan, menjaga pita suara, hingga melancarkan pencernaan perkutut.

Selain membantu pertumbuhan perkutut, kencur juga membantu perkutut mendapat kicauan yang merdu.

Untuk pemberian kencur, kamu bisa membuat racikan dengan mencampurkan potongan-potongan kencur kedalam air panas.

Setelah air dingin, berikan racikan tersebut sebagai air minum burung perkutut peliharaanmu.

7. Minyak Ikan

Selain biji-bijian, kamu juga dapat memberikan perkutut suplemen yang dapat menunjang kesehatan burung.

Kamu bisa meloloh perkutut dengan minyak ikan setiap tiga hari sekali sebanyak satu butir.

Minyak ikan merupakan salah satu jenis makanan burung Perkutut biar putih.

Catatan : Ketika kamu ingin memberikan makanan kepada burung perkutu jangan lupa sesuaikan juga dengan tempat makanan burung perkutut, agar burung tidak sulit untuk bisa menjangkau makanan tersebut.


Makanan Burung Perkutut di Alam Liar

Makanan burung perkutut liar tidak berbeda jauh dengan burung Perkutut yang di pelihara. Perkutut liar juga memakan jenis biji-bijian seperti yang sudah disebutkan sebelumnya

Namun, tidak menutup kemungkian burung perkutut liar juga memakan serangga dan jenis makanan lainnya dihabitat aslinya.

Berikut ini beberapa jenis makanan burung perkutut di alam liar yang bisa dikonsumsi oleh Perkutut.

1. Padi/ Gabah

Padi menjadi salah satu jenis biji-bijian yang mudah ditemukan perkutut ketika di alam liar.

Berbeda dengan Milet, jenis bijian dapat dikonsumsi perkutut dalam jangka waktu yang panjang.

Padi/ Gabah mengandung serat yang tinggi sehingga tidak akan membuat perkutut mudah gemuk meski dikonsumsi secara terus-menerus.

2. Tulang Sotong

Tulang Sotong mengandung Kalsium tinggi, Magnesium, Kalsium Karbonat, Sodium Klorida, dan Kalsium Fosfat yang bisa menyehatkan Burung.

Untuk pemberian pakan tulang sotong ini dapat dilakukan dengan menggantungkan tulang pada dinding sangkar burung perkutut peliharaanmu.

3. Biji Kenari

Biji Kenari dapat ditemukan dengan mudah ketika burung perkutut berada di alam liar.

Kandungan Protein, Karbohidrat, dan Lemak yang terdapat dalam biji Kenari sangat berguna dalam menyegarkan tubuh dan membantu mengatasi serak pada suara perkutut.


Makanan Burung Perkutut Anakan

Bagi kamu yang tertarik memelihara burung perkutut, Kamu harus mengetahui makanan burung Perkutut anakan untuk dapat mempercepat pertumbuhannya.

1. Pakan Anakan Perkutut Baru Menetas

Untuk perkutut yang baru menetas, kamu bisa melarutkan voer dengan air hangat.

Selain voer, kamu juga bisa berikan bubur bayi yang mengandung biji-bijian. Berikan anakan perkutut pakan yang bertekstur cair.

Pemberian pakan bisa diloloh dengan menggunakan sedotan atau suntikan ukuran 55cc atau disuapi sedikit demi sedikit setiap 2 jam sekali.

2. Pakan Anakan Perkutut Umur 1 Minggu

Jika anakan sudah memasuki usia 1 minggu, racikan pakan sebelumnya bisa dibuat lebih kental. Dan waktu pemberian pakan 4 sampai 5 jam sekali.

3. Pakan Anakan Perkutut Usia 2 Bulan

Ketika anakan perkutut sudah memasuki usia 2 bulan keatas, anakan dapat mulai belajar makan sendiri.

Kamu dapat langsung memberikan makanan padat seperti milet, atau voer. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan suplemen agar anakan memiliki tubuh yang lebih kuat.

Dari berbagai jenis makanan burung Perkutut di atas, kamu dapat memberikannya sebagai perawatan setiap harinya agar tubuhnya sehat dan suaranya gacor ngeroll.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.