9 Makanan Burung Walet Paling di Sukai

9 Makanan Burung Walet Paling di Sukai

Saat ini, banyak pecinta burung yang memelihara burung Walet di rumah. Tetapi, berbagai spesiesnya masih banyak yang hidup di alam bebas.

Ketika hidup di alam bebas, Walet liar memperlihatkan kemampuan aerobatik yang luar biasa saat mencari sumber makanan di udara dengan mengepakkan sayapnya.

Sebenarnya, makanan burung Walet sangat bervariasi, disesuaikan dengan tempat tinggalnya.

Makanan Burung Walet Anakan

Anakan burung Walet liar diberi makan tanpa henti oleh induknya selama berada di sarang, biasanya berlangsung selama satu bulan.

Makanan burung Walet kecil berasal dari apa yang induknya makan. Jadi, anakan Walet mendapatkan pakan langsung dari mulut induknya.

Hal tersebut ternyata sangat bagus untuk kesehatan anakan Walet karena apa yang dikonsumsi induknya mengandung antibodi yang bagus untuk kelangsungan hidupnya.

Saat memiliki anakan Walet, disarankan untuk tidak telat memberikan pakan untuk induknya. Sebagai alternatif, Anda bisa membuatkan kolam kecil untuk sarang nyamuk dan kutu air sehingga induk Walet tidak perlu jauh-jauh mencari pakan.

Baca Juga : 2 Pertanda Burung Walet Masuk Rumah Menurut Islam

Makanan Burung Walet Alami

Makanan burung walet adalah serangga kecil, sebenarnya makanan Walet bervariasi tergantung pada daerah tempat tinggal burung tersebut.

Berikut adalah beberapa serangga yang dimakan burung walet:

  1. nyamuk,
  2. tawon,
  3. lebah,
  4. lalat rumah,
  5. capung,
  6. lalat,
  7. lebah,
  8. semut terbang, dan
  9. kupu-kupu

Selain memakan serangga, burung Walet juga memakan ulat, belalang, jangkrik, laba-laba, siput, ikan, udang, biji bunga matahari, apel cincang dan cacing.

Makanan Burung Walet Dewasa

Terdapat banyak serangga yang dapat Walet liar jumpai saat terbang. Burung tersebut cenderung hanya mengkonsumsi berbagai jenis serangga yang tertangkap disayapnya.

Jika, memelihara Walet dewasa di rumahan maka disarankan untuk memberikan pakan dengan kualitas yang bagus, seperti ulat, ikan, dan udang kecil.


TOPIK LAIN:


Makanan Burung Walet di Alam Bebas

Walet liar yang hidup di alam bebas dapat menemukan pakannya dengan mudah di alam bebas, burung ini akan terbang ke berbagai tempat seperti rawa, hutan, pantai, dan daerah pertanian.

Biasannya makanan burung walet liar itu mengikuti habitatnnya, terkadang memakan buah buahan, terkadang juga memakan serangga tergantung habitatnya seperti dikutip dari Radarpena.com

Berbeda dengan burung Walet peliharaan yang hanya mengkonsumsi pakan dari apa yang ada di sekitar lokasi sarangnya saja.

Tetapi, biasanya Walet peliharaan juga akan diberikan pakan buatan yang kini sudah banyak diperjual belikan.


Harga Makanan Burung Walet

Kisaran harga makanan burung Walet berbeda-beda per kilogram adan per kemasannya, berikut ini daftar harga makanan untuk burung Walet tahun 2022.

Jenis Pakan WaletHarga
Pakan Walet AGT kemasan 1,5 kgRp. 125.000,00
Pakan Walet 1kg – BSARp. 60.000,00
Pakan Walet KIS 2 KGRp. 160.000,00
Pakan walet magic powderRp. 180.000,00
Pakan walet AGT isi 3 pack, Value PackRp. 229.000,00

Cara Membuat Makanan Burung Walet

Di era sekarang ini, terdapat kemudahan membuat pakan Walet sendiri sehingga akan lebih hemat. Berikut ini beberapa membuat pakan buatan untuk burung Walet.

1. Adonan Pakan Burung Walet

Cara buat makanan burung walet berupa adonan maka harus menyiapkan beberapa bahan-bahan di bawah ini.

  • Air
  • Baskom
  • Susu Bubuk, dan
  • Dedak

Campur semua bahan tersebut, aduk secara merata, diamkan sampai waktu seminggu hingga terbentuk seperti bubur.

Selalu cek buburnya, jangan sampai mengering. Setelah satu minggu, buka adonan tersebut kemudian akan melihat larva berterbangan dalam jumlah banyak.

2. Serangga Kulit Buah dan Sayuran Busuk

Berikutnya, pakan burung Walet juga dapat dibuat dengan mengumpulkan kulit buah dan sayuran busuk di sekitar area sarang burung maka akan mengundang banyak serangga kecil, seperti lalat dan nyamuk.

Baca Juga : Download Suara Burung Kecil Campuran Untuk Pikat mp3 (2022)

3. Serangga dari Jerami Busuk

Untuk membuat pakan burung Walet berupa hama dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Siapkan jerami di sekitar jerami, lalu percikan air pada jerami. Biarkan dalam waktu yang lama sampai jerami membusuk. Setelah itu, hama berupa serangga kecil akan mulai bermunculan pada bagian jerami tersebut.

4. Kutu Beras

Kutu beras juga menjadi salah satu jenis pakan untuk Walet, untuk membuatnya maka dapat dilakukan beberapa langkah.

Pertama, tebarkan pecahan beras di sekitar area sarang burung sekitar 1-2 meter. Tunggu dalam waktu 3-4 bulan maka serangga kutu beras akan mulai bermunculan.

5. Adonan Drosophila 

Makanan burung Walet buatan selanjutnya yaitu adonan drosphila atau lalat cuka yang berasal dari buah-buahan busuk. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuatnya.

Pertama, siapkan 3 liter air hangat kemudian campurkan dengan tepung 600 gram, tambahkan ragi secukupnya lalu masukkan ekstrak buah-buahan yang sudah busuk dengan drosphila atau lalat cuka. Aduk semua bahannya.

Baca Juga : 5 Ciri Perkutut Berkhodam & Bertuah yang Perlu anda Ketahui

Letakan adonan tersebut di sarang burung, perbarui adonan sebelum kehabisan.

Membuat pakan burung Walet cukup mudah bukan? beberapa bahan pakannya dapat dibuat dari bahan-bahan sisa makanan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.