4 Makanan Terbaik untuk Burung Kenari Indukan & Anakan

4 Makanan Terbaik untuk Burung Kenari Indukan & Anakan

Asupan makanan yang diberikan kepada burung kenari, berperan banyak untuk menjadikan burung tersebut sehat dan gacor.

Apabila makanan yang diberikan tidak memenuhi standar maka bisa menyebabkan burung kenari mudah sakit, dan tidak mau berbunyi sama sekali.

Maka dari itu penting bagi kamu yang ingin memelihara kenari memperhatikan pakan burung tersebut, dan berikut beberapa pakan kenari yang bagus yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kenari yang kamu miliki.

Makanan Burung Kenari Terbaik

Untuk memberikan makanan kepada burung kenari, dibedakan berdasarkan fungsi makanan tersebut, contohnnya.

Pakan Harian Burung Kenari

Berikut beberapa makanan harian yang bisa kamu berikan kepada burung kenari.

1. Telur Puyuh Rebus

Di alam liar telur puyuh adalah sumber makanan utama burung kenari selain serangga, maka dari itu kamu bisa memberikan telur puyuh ini kepada kenari yang kamu miliki.

Selain dapat menguatkan stamina kenari, telur puyuh juga dapat membuat burung kenari cepat birahi, dan sangat cocok bagi kamu yang hendak budadaya burung kenari.

2. Gambas atau Oyong

Oyong atau gambas bermanfaat bagi burung kenari, dimana pakan ini dapat membuat burung kenari menjadi lebih gacor.

Namun pemberian makanan gambas atau oyong juga tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan kotoran burung kenari menjadi berair.

3. Buah Segar

Buah juga bisa kamu berikan kepada burung kenari peliharaan kamu, seperti apel, jagung manis, pisang dll.

Dimana buah segar ini dapat membuat kenari lebih gacor pada biasannya, namun buah buahan segar yang terlalu sering dapat membuat kenari susah untuk birahi, jadi silahkan diselang seling saja.

4. Sayuran Segar

Selain buah, sayur juga penting dimana sayur ini dapat membuat kenari jadi mudah birahi contohnya seperti, gambas, sawi putih, daun gingseng dll.

Itulah beberapa makanan harian yang bisa kamu berikan kepada burung kenari, namun kadar pemberiannya juga disesuaikan ya, karena terlalu banyak juga tidak bagus bagi burung kenari.

Baca Juga : Ini dia Pakan Terbaik untuk burung kenari Black Red supaya Gacor

Makanan Instan Harian Kenari & Lomba

Selain makanan yang sudah kami jelaskan diatas, kamu juga bisa memberikan furr untuk burung kenari, berikut beberapa furr kenari yang kami rekomendasikan.

Hal ini cocok digunakan sehari hari maupun disaat ingin lomba.

1. Gold Coin

Gold Coin ini adalah makanan instan kenari yang mudah menjadikan kenari untuk birahi, selain itu komposisi gold coin ini juga cukup lengkap yaitu, milet merah, putih, canary grass, biji negar, biji sawi, dan bahan pelengkap lainnya.

Harga dari makanan burung kenari gold coin ini juga cuma sebesar Rp.10.000 rupiah atau 10K, untuk sekelas makanan burung ini termasuk yang murah.

2. Ebod Canary

Bagi kamu yang memiliki kenari untuk lomba, ebod canary ini sangat cocok untuk kamu. Karena pakan ebod canary ini dapat menjadikan burung kenari lebih berstamina dan memiliki nafas yang panjang.

Komposisi pakan ebod canary ini juga cukup lengkap, yaitu canary seed, niger seed, milet putih dan merah, dan juga bahan yang lainnya.

Harganya cuma Rp. 9.000 atau 9K saja, sangat murah bukan ?

3. VitaMix

VitaMix canary adalah makan burung kenari yang apabila di levelkan dengan 2 diatas ini merupakan level 3.

Harganya juga cuma Rp. 8.500 atau 8,5K saja, sangat murah bukan ?

Komposisi makanan ini standar yaitu milet putih dan merah, ada juga canary seed.

4. Belgie

Belige ini hampir mirip dengan Ebod Canary, dimana makanan ini terdiri dari cairan herbal, cod liver oil, madu dan campuran biskuit kecil kecil.

Pakan Belgie kenari ini sangat cocok bagi kamu yang senang mengikutsertakan kenari dalam perlombaan.

Pakan Kenari ini juga bisa menjadikan burung kenari menjadi lebih gacor pada saat perlombaan.


Makanan Indukan Kenari Saat Meloloh

Pada saat induk kenari sedang dalam proses pelolohan makanan untuk anakan kenari, kamu tidak bisa sembarangan dalam memberikan makanan kepadannya.

Selain dapat membuat kenari sakit, juga bisa menjadikan anakan juga mati, maka berikut beberapa pakan yang bisa kamu berikan kepada indukan kenari saat melolohkan anaknya.

1. Biji-Bijian

Biji-bijian ini sebaikanya jangan langsung diberikan ke indukan kenari, melainkan direbus terlebih dahulu baru nantinnya diberikan kepada indukan kenari yang sedang melolohkan anaknya.

2. Pakan Tambahan

Memberikan makanan tambahan untuk indukan kenari yang sedangan meloloh juga sangat baik, seperti campuran antara telur rebus dengan egg food, campuran pakan ini sangat bagus diberikan kepada indukan kenari yang sedang meloloh.

3. Buah dan Sayur

Berikan buah yang memiliki rasa manis, seperti pisang atau apel merah, hal ini dapat membuat burung kenari cepat sehat selain itu sayur sayuran seperti sawi atau parutan wortel juga bisa kamu berikan.

4. Vitamin dan Mineral

Terakhir, pemberian vitamin dan mineral yang cukup agar indukan kenari cepat sembuh dan sehat kembali.

Selain untuk indukan kenari yang sedang meloloh pakan diatas juga cocok diberikan kepada anakan kenari yang masih piyik, atau masih berumur 2 minggu kebawah, selamat mencoba.

Baca Juga : Jenis Burung Kenari AF, Tips Merawat + Harga Terbaru


Cara Meloloh Anakan Burung Kenari

Anakan burung kenari yang masih berusia kurang dari 2 minggu, masih membutuhkan alat bantu untuk dapat memberikan makanan kepadannya yaitu dengan menggunakan alat spet.

Apabila kamu tidak bisa menggunakannya, kamu bisa mulai mencoba mengikuti cara berikut untuk dapat melolohkan anakan burung kenari.

  1. Usia minimal anakan kenari yang bisa diberikan makanan menggunakan spet adalah usia 5hari.
  2. Dilakukan 3x dalam sehari, makanan sebagai mana yang sudah dijelaskan diatas.
  3. Tidak perlu dipisah dengan indukannya, namun boleh dipisah apabila urgent.
  4. Lakukan secara rutin hingga burung kenari sudah bisa makan sendiri atau induknya mau melolohkan.

Dan itulah beberapa informasi mengenai pakan terbaik yang bisa kamu berikan untuk burung kenari.

Apabila kamu memberikannya secara rutin dan tidak berlibahan maka dapat membuat kenari sehat dan gacor, selamat mencoba semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.