5 Penyebab Burung Katarak, Ini Cara Mengobatinya

5 Penyebab Burung Katarak, Ini Cara Mengobatinya

Buat kamu para pecinta burung, sudah tau belum penyebab burung katarak ?

Hal ini sering kita jumpai bagi para pemilik pemilik burung pemula, bahkan tak jarang pemilik burung pemula ini membiarkan burung tersebut terkena penyakit katarak.

Padahal hal ini sangat berbahaya loh, bisa menyebabkan burung mati, lalu apa si penyebab burung katarak ? simak penjelasan berikut ini.


Penyebab Burung Mengalami Katarak

1. Udara yang Tidak Bersih

Hal pertama yang perlu kamu waspadai ketika melihat burung mengalami katarak adalah, akibat udara yang tercemar atau tidak bersih.

Terlebih apabila udara berdebu kemudian kamu biarkan burungmu terpapar debu tersebut, maka wajar apabila burung yang kamu miliki terkena penyakit katarak.

Hal yang bisa kamu lakukan ya dengan memindahkan burung tersebut ketempat atau ke lokasi yang udarannya lebih baik sambil diobati pelan pelan.

2. Proses Penjemuran Yang Berlebihan

Katarak pada burung juga bisa di akibatkan dari proses penjemuran yang berlebihan.

Proses penjemuran yang berlebihan tidak hanya dapat membuat burung mengalami katarak tetapi bahkan mengalami kebutaan.

Hal ini karena paparan sinar matahari nonstop yang dilakukan.

Waktu aman penjemuran cuku 2 jam saja, dan itu dilakukan di pagi atau sore hari.

Baca Juga : Biar Gacor Terus, 5 Rekomendasi Makanan Burung Prenjak Terbaik

3. Lampu Terlalu Terang

Cahaya lampu yang terlalu terang juga dapat menyebabkan burung mengalami katarak, kenapa ? Hal ini karena pantulan sinar cahaya yang mengarah kemata membuat mata sakit karena terlalu terang, dan karena hal inilah menyebabkan mata burung menjadi katarak.

Untuk menimalisir burung mengalami katarak karena lampu yang terlalu terang maka solusinya adalah dengan memberikan lampu penerangan yang tidak terlalu terang, cukup yang remang remang saja.

4. Gigitan Serangga

Selain faktor diatas, ada juga faktor external yang dapat membuat burung mengalami katarak yaitu karena gigitan serangga.

Hal ini bisa terjadi ke semua burung, meskipun kita sudah memperhatikan lampu, penjemuran dan lain lain, tetapi kita tidak memperhatikan bahaya di sekeliling burung, burung tetap bisa mengalami katarak.

Maka dari itu, pentingnya mengkrobongi burung ketika dimalam hari, hal ini untuk menghindarkan burung dari gigitan serangga.

Baca Juga : 7 Makanan Burung Merpati Terbaik (Ngga Gampang Sakit)

5. Faktor Keturunan

Yang terakhir adalah faktor keturunan yang membuat burung mengalami katarak, kalau hal ini bisa terjadi kesemua burung tanpa terkecuali.

Baik itu burung kenari, lovebird, pleci atau burung besar sekalipun seperti rajawali, elang atau yang lainnya tetap bisa mengalami katarak.

Apabila penyebab burung mengalami katarak karena faktor keturunan maka yang perlu kamu lakukan hanya sering sering membersihkan mata burung yang berair, sambil diobati pelan pelan agar katarak pada burung dapat cepat hilang.

Itulah beberapa faktor atau penyebab burung katarak, pahami penyebabnya agar nantinya kamu bisa mempersiapkan untuk penyembuhannya. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.